bagaimana gerakan mendarat yang benar jelaskan

bagaimana gerakan mendarat yang benar jelaskan

jawaban

Saat akan mendarat, kedua kaki dibawa ke depan lurus dengan cara mengangkat paha ke atas, badan dibungkukkan ke depan dan kedua tangan ke depan.

Mendarat pada kedua tumit terlebih dahulu dan mengeper, dengan kedua lutut dibengkokkan.

Kepala ditundukkan.

atau

Cara mendarat yang baik dan benar pada saat melakukan lompat jauh adalah dengan posisi kaki ke depan, lutut sedikit di tekuk dengan tumit kaki terlebih dahulu menyentuh pasir di ikuti dengan telapak kaki. Posisi tangan mengayun ke depan dan kepala tertunduk dengan mendorong berat badan ke depan agar badan tidak jatuh ke belakang dan mengurangi jarak lomapatan.

Pembahasan

Lompat jauh adalah gerakan melompat ke depan atas dengan membawa titik berat badan selama mungkin di udara untuk mendapatkan jarak lompatan sejauh-jauhnya. Dalam lompat jauh terdapat tahapan gerak yang harus dilakukan dan dikuasai agar dapat melakukan lompat jauh dengan baik.

Cara melakukan gerakan lompat jauh adalah.

1. Awalan

Awalam dalam lompat jauh dilakukan dengan gerakan berlari. Gerakan berlari dilakukan dengan kecepatan penuh untuk mendapatkan momentum ketika melompat.

Baca juga  Lapangan tolak peluru berbentuk lingkaran berdiameter?

2. Tolakan.

Tolakan dalam lompat jauh dilakukan dengan salah satu kaki terkuat yang dimiliki oleh atlet. Gerakan tolakan dilakukan dengan sekuat tenaga untuk mendapatkan jarak lompatan yang maksimal.

3. Melayang di udara.

Dalam lompat jauh, gerakan melayang di udara dapat dilakukan dengan tiga gaya, yakni gaya jongkok, gaya menggantung, dan gaya berjalan di udara.

4. Pendaratan.

Pendaratan dilakukan dengan posisi kaki ke depan, lutut sedikit di tekuk dengan tumit kaki terlebih dahulu menyentuh pasir di ikuti dengan telapak kaki. Posisi tangan mengayun ke depan dan kepala tertunduk dengan mendorong berat badan ke depan agar badan tidak jatuh ke belakang dan mengurangi jarak lomapatan.