bagaimana cara melakukan gerakan menari menirukan burung kutilang

bagaimana cara melakukan gerakan menari menirukan burung kutilang

Jawaban:

1. gerakan pertama berlari kecil sambil membawa sampurr.

gerakan kedua tangan dilambaiakn ke depan bergantian.

gerakan ketiga tangan diangkat kebahu lalu kembali kesemula.

menjepit sampur lalu berlari kecil kembali.

Tari Burung Kutilang adalah tarian yang meniru gerak KEPALA burung Kutilang.

» Pembahasan

Soal di atas berkaitan dengan materi yang ada dalam buku Tematik untuk kelas 3 SD tepatnya pada tema 5 subtema 2 dengan tajuk Gerak Tari Menirukan Gerak Kepala Burung Kutilang. Pada pembelajaran terkait, siswa diajarkan mengenai lagu dan tari berjudul Burung Kutilang. Burung Kutilang adalah salah satu jenis burung yang mudah kita jumpai di Indonesia sehingga memang sering menjadi inspirasi dalam menciptakan karya seperti lagu dan tari.

Meniru gerak burung sebagai gerakan dalam tarian disebut gerak imitatif. Untuk burung Kutilang, gerakannya yang ditiru adalah gerak pada kepala. Berikut adalah rincian gerakan yang dimaksud:

  1. Gerak kepala yang dibuat miring ke kiri sekali lalu kembali ke posisi tengah. Setelahnya kepala dibuat miring ke arah kanan dan dibawa kembali ke posisi tengah. Gerakan ini dilakukan dengan lambat menggunakan 8 hitungan.
  2. Gerakan menganggukkan kepala. Gerakan ini dilakukan dalam 4 hitungan dan dilaksanakan dengan cepat.
  3. Gerakan tolehan kepala ke kiri sebanyak satu kali lalu kembali ke posisi tengah. Setelahnya menolehka kepala ke kanan lalu kembali lagu ke posisi tengah. Gerakan dilakukan cepat dengan hitungan sebanyak 8.
Baca juga  berikut ini yang tidak termasuk alat musik ritmis adalah

Pada gerak tari lainnya yang juga meniru gerak burung (seperti Tari Merak misalnya), gerakan imitatifnya tidak meniru kepala namun kepakan sayap.