apakah hasil panen pertanian dan peternakan dapat bertahan lama

apakah hasil panen pertanian dan peternakan dapat bertahan lama

jawaban

Hasil panen pertanian dan peternakan tidak dapat bertahan lama karena dapat busuk atau rusak. Karena itu harus diawetkan agar dapat bertahan lama.

Pembahasan:

Produk makanan hasil pertanian dan peternakan tidak dapat bertahan lama, karena dapat terjadi pembusukan atau kerusakan lainnya, sehingga tidak dapat digunakan atau dimakan setelah waktu tertentu.

Misalnya, buah-buahan dapat berjamur dan membusuk, sementara susu sapi dapat basi.

Untuk menjaga agar produk makanan dari pertanian dan peternakan tahan lama, produk ini harus diawetkan.

Pengawetan makanan secara umum dibagi menjadi tiga jenis, yaitu pengawetan secara biologi, kimia dan fisika.

Pengawetan secara fisika adalah pengawetan tanpa menggunakan reaksi kimia, dengan pendinginan atau dengan pengeringan makanan agar mikroba pengurai tidak dapat berkembang.  Contoh pengawetan secara fisika adalah memasukkan daging ke dalam pembeku atau menyimpan buah dalam kulkas.

Pengawetan secara kimia adalah pengawetan dengan menggunakan bahan pengawet kimia kimia, seperti dengan garam untuk pengasinan atau dengan asam untuk pengasaman makanan.  Contoh pengawetan secara kimia adalah dengan membuat ikan asin atau manisan buah.

Baca juga  Dakron, polyester, dan nilon tergolong dalam serat?

Pengawetan secara biologi menggunakan mikroorganisme yang melakukan aktifitas yang dapat membantu makanan agar awet. Contoh pengawetan secara biologi adalah fermentasi, seperti fermentasi susu menjadi keju atau fermentasi kedelai menjadi tempe.