apa yang kalian ketahui tentang pameran seni rupa

apa yang kalian ketahui tentang pameran seni rupa

jawaban

Pameran seni rupa adalah kegiatan untuk memperlihatkan karya seni seniman seni rupa baik secara individual ataupun secara kelompok kepada masyarakat. Pameran seni rupa juga merupakan alat komunikasi dari iden dan gagasan yang dimiliki oleh seniman kepada masyarakat yang dituangkan melalui karya seni.

 

Pembahasan

Seni rupa adalah salah satu cabang seni yang menghasilkan karya seni dua dimensi atau tiga dimensi yang bisa dinikmati dengan indera penglihatan dan indera perabaan. Sebuah karya seni biasanya merupakan realisasi dari ide, gagasa, imajinasi, buah pikiran, dan kreativitas yang dimiliki oleh seorang seniman yang diterjermahkan dalam media seni rupa. Agar ide dan gagasan ini bisa tersampaikan kepada masyarakat maka dilakukan pameran seni rupa.

Pameran seni rupa merupakan kegiatan untuk memperlihatkan karya seni rupa dari seniman, baik perseorangan ataupun secara kelompok kepada masyarakat dan juga merupakan bentuk komunikasi seniman kepada masyarakat. Pameran seni rupa juga merupakan kegiatan yang digunakan untuk memperlihatkan ide dan gagasan yang sudah dituangkan oleh seorang seniman kepada penikmatnya. Ada beberapa tujuan dari pameran seni rupa:

  • Sosial: kegiatan pameran seni rupa yang diadakan secara privat atau untuk masyarakat luas yang bertujuan untuk kepentingan sosial.
  • Kemausiaan: kegiatan pameran yang dilakukan untuk mengembangkan nilai dan pelestarian dari hasil karya seni yang sudah dibuat oleh masyarakat. Biasanya, tujuan kemanusiaan ini akan digabung dengan tujuan sosial, seperti kegiatan menggalang dana untuk korban bencana alam.
  • Komersial: kegiatan pameran seni rupa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dengan cara menjual hasil karya seni rupa yang terdapat dalam pameran tersebut.
Baca juga  Silat khas Betawi disebut?

Adapun fungsi-fungsi dalam pameran seni rupa:

  • Edukasi: bertujuan untuk mengembangkan akal dan pikiran dari seorang manusia melalui pengalaman batin.
  • Apresiasi: bertujuan untuk mengapresiasi hasil karya seni dari seorang seniman. Apresiasi juga biasanya merupakan penilaian masyarakat terhadap karya seni.
  • Prestasi: bertujuan untuk menciptakan kompetisi bagi para seniman untuk meningkatkan produktivitas dan kreativitas dari seniman.
  • Rekreasi: bertujuan untuk menghibur masyarakat.