apa yang dimaksud dengan apresiasi seni

apa yang dimaksud dengan apresiasi seni

Pembahasan

Apresiasi seni adalah aktivitas mengindra karya seni, merasakan, menikmati,  menghayati dan menghargai nilai-nilai keindahan dalam karya seni serta menghormati  keberagaman konsep dan variasi konvensi artistik eksistensi dunia seni.

Atau dengan kata lain, apresiasi seni adalah aktivitas mengindra karya seni, menghargai nilai-nilai  keindahan, keberagaman, dan kaidah artistik eksistensi karya seni.

atau

apresiasi seni merupakan suatu penilaian terhadap suatu karya seni, baik mengenali, menilai, dan menghargai bobot-bobotseni atau nilai-nlai seni yang terkandung dalam karya seni tersebut.
itu informasi yang saya dapatkan, maaf jika salah.

atau

Yang dimaksud dengan APREASIASI KARYA SENI RUPA adalah kegiatan memberi penilaian dan penghargaan terhadap suatu karya seni rupa. Penilaian ini bisa mencakup sejumlah kegiatan seperti melihat, mengenali, menghayati, menilai dan juga memberikan penghargaan terhadap bobot-bobot seni yang terkandung dalam karya seni rupa tersebut.

Pembahasan

Apresiasi karya seni rupa ini juga bisa diartikan sebagai suatu kegiatan memberikan putusan dengan hormat sebagai bentuk penghargaan atas nilai-nilai estetika suatu karya seni rupa. Pengertian ini adalah secara etimologis sebab kata Apresiasi yang mengakar pada bahasa latin APPREATIATUS memang diartikan sebagai putusan yang disertai dengan rasa hormat.

Baca juga  Alat-alat berikut ini yang tidak dapat digunakan untuk membuat patung dari kayu adalah?

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia sendiri kata apresiasi diartikan sebagai suatu kegiatan dalam melihat, menikmati, menentukan nilai, menyadari estetika dari karya-karya yang tercipta oleh tangan manusia.

Mereka yang melakukan kegiatan apresiasi, dalam bidang seni ataupun bidang lainnya, disebut dengan APRESIATOR.