Apa saja yg menyebabkan terjadinya peristiwa membeku,mencair,dan menguap?

Apa saja yg menyebabkan terjadinya peristiwa membeku,mencair,dan menguap?

jawaban

Yang menyebabkan terjadinya peristiwa membeku, mencair, dan menguap:

  1. Membeku terjadi ketika benda didinginkan (suhunya turun) mencapai titik beku, dan berubah dari cair menjadi padat. Misalnya air yang didinginkan menjadi es.
  2. Mencair terjadi ketika benda dipanaskan (suhunya naik) mencapai titik cair atau titik leleh, dan berubah dari padat menjadi cair. Misalnya margarin yang dipanaskan di wajan menjadi cair.

Menguap terjadi ketika benda dipanaskan (suhunya naik) mencapai titik didih, dan berubah dari cair menjadi gas. Misalnya air yang dipanaskan menjadi uap air.

Pembahasan:

Secara umum, bila suatu benda yang meningkat suhunya (memanas), maka benda tersebut menyerap panas (Kalor). Penyerapan kalor ini dapat menyebabkan perubahan wujud, dari padat ke cair (meleleh atau mencair), dari cair ke gas (mendidih atau menguap), atau langsung dari padat ke gas (menyublim).

Sebaliknya, bila suatu benda yang menurun suhunya (mendingin), maka benda tersebut melepas panas (Kalor). Pelepasan kalor ini juga dapat menyebabkan perubahan wujud, dari gas ke cair (mengembun), dari cair ke padat (membeku), atau langsung dari gas ke padat (kondensasi).

Baca juga  kaca pembesar menggunakan prinsip

Kemudian, bila suhu suatu benda tetap, maka tidak ada penyerapan atau pelepasan kalor.