apa prinsip menggambar dekoratif

apa prinsip menggambar dekoratif

jawaban

Salah satu jenis dari karya seni rupa dua dimensi adalah gambar dekoratif. Dalam menggambar dekoratif, yang menjadi prinsip utamanya adalah menghias permukaan suatu benda.

 

Pembahasan

Soal di atas sepertinya tidak lengkap karena seharusnya disertai juga dengan pilihan jawabannya. Berikut adalah soal yang lengkap:

 

Salah satu jenis dari karya seni rupa dua dimensi adalah gambar dekoratif. Dalam menggambar dekoratif, yang menjadi prinsip utamanya adalah

A. Menerangkan suatu peristiwa

B. Mengisi bagian dari benda yang kosong

C. Mencurahkan ekspresi keindahan

D. Menghias permukaan suatu benda

 

Maka dari itu, jawaban yang tepat adalah pilihan (D). Pilihan (D) tepat karena gambar dekoratif adalah salah satu jenis dari karya seni rupa dua dimensi yang bidang gambarnya berupa suatu benda atau kerajinan tertentu. Tujuan utama dari penerapan gambar dekoratif pada suatu benda adalah untuk menghias benda tersebut sehingga bisa meningkatkan nilai keindahan dari benda tersebut secara penampilannya. Dalam pembuatan gambar dekoratif, unsur seni rupa yang digunakan adalah garis, bidang, dan juga warna.

Baca juga  bagaimana cara membuat patung dari sabun batangan

 

Pilihan (A), (B), dan (C) salah karena:

  • Pilihan (A): menerangkan suatu peristiwa adalah prinsip utama dalam gambar ilustrasi.
  • Pilihan (B): mengisi bagian yang kosong menjadi salah satu manfaat dari penerapan gambar dekoratif, bukan menjadi prinsip utamanya.
  • Pilihan (C): mencurahkan ekspresi keindahan adalah tujuan dari pembuatan seni rupa murni.