alat musik yang tidak memiliki tangga nada diatonik adalah

alat musik yang tidak memiliki tangga nada diatonik adalah

jawaban

gamelan, gambang kromo, calung, dan tifa.

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah contoh alat musik yang menggunakan tangga nada diatonis adalah biola, rebab, piano, dan siter. Sedangkan, contoh alat musik yang menggunakan tangga nada pentatonis adalah gamelan, gambang kromo, calung, dan tifa.

Yuk simak pembahasan berikut.
Tangga nada diatonis adalah tangga nada yang memiliki tujuh nada berbeda dalam satu oktaf, dimana tujuh nada inti ini lalu diakhiri dengan satu nada pengulangan. Jarak antar not atau nada dari tangga nada diatonis adalah satu dan setengah. Contoh alat musik yang menggunakan tangga nada diatonis adalah biola, rebab, piano, dan siter.

Tangga nada pentatonis adalah jenis tangga nada yang umum digunakan. Tangga nada pentatonis ini adalah tangga nada yang punya lima nada yang berbeda, Jadi dalam satu oktaf hanya terdiri dari lima nada. Tangga nada ini pada umumnya digunakan untuk alat musik tradisional seperti gamelan, gambang kromo, calung, dan tifa.

Baca juga  Berikut ini yang termasuk unsur-unsur drama adalah?

Dengan demikian, contoh alat musik yang menggunakan tangga nada diatonis adalah biola, rebab, piano, dan siter. Sedangkan, contoh alat musik yang menggunakan tangga nada pentatonis adalah gamelan, gambang kromo, calung, dan tifa.