Aktivitas gerak berirama lebih dikenal dengan sebutan

Aktivitas gerak berirama lebih dikenal dengan sebutan

jawaban

Gerak berirama atau sering disebut senam irama merupakan aktivitas yang dilakukan dengan diiringi musik atau lagu.

Penjelasan:

Senam irama atau disebut juga senam ritmik adalah gerakan senam yang dilakukan dengan irama musik, atau latihan bebas yang dilakukan secara berirama.

Gerak berirama adalah gerak yang mengikuti irama. Gerakan ini tidaklah sembarang dilakukan. Biasanya sebelum melakukan gerak berirama sebelumnya sudah dibuat rancangan gerakannya dan iramanyapun disesuaikan dengan gerak yang sudah dirancang tersebut.

 

Pembahasan

Gerak berirama biasanya kita melihatnya dalam Gerakan senam. Oleh karena itu gerak berirama juga bisa disebut senam berirama, Dalam gerak berirama music atau irama akan disesuaikan dengan gerakannya atau sebaliknya.

 

Gerakannya bersifat terus menerus atau continue. Jadi tidak terputus-putus. Gerakan awalnya adalah Gerakan sederhana hingga Gerakan yang lebih sulit. Gerak berirama seringkali dilakukan berkelompok dan untuk membuatnya terlihat kompak maka menggunakan ketukan tertentu atau hitungan-hitungan tertentu.

 

Gerakan dalam gerak irama atau senam irama ada berbagai macam bentuknya diantaranya gerak balet, tari modern bahkan akrobatik.

Baca juga  Kecepatan yang diperoleh dari hasil awalan berguna untuk membawa kekuatan pada waktu melakukan?

 

Dalam gerak irama biasanya dipimpin oleh minimal 1 orang sebagai pengarah gerak dan yang lainnya mengikuti Gerakannya. Gerakan ini memiliki ritme tertentu dan memiliki ciri khas pada setiap gerakannya. Tergantung Gerakan yang digunakan maka music atau irama juga akan berbeda.

 

Gerakan berirama bisa menggunakan alat atau bisa juga tanpa alat. Jika ingin melakukan gerak berirama, kita harus melakukan pemanasan terlebih dahulu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat kita melakukannya.

 

Gerak berirama sangat bagus untuk melatih kebugaran diri dan melatih kekompakan.