Cara Mudah Hindari Kamar Tidur dari Bau Tak Sedap
Cara Mudah Hindari Kamar Tidur dari Bau Tak Sedap

Dang Merdu – Kamar tidur adalah tempat terbaik untuk melepaskan segala kepenatan yang telah kita lalui seharian penuh. Di dalam kamar kita bisa menghabiskan waktu yang lama untuk rebahan, menonton dan aktivitas lainnya. Nah, kita juga harus tetap perhatikan beberapa faktor yang dapat merusak kualitas kesehatan dari kamar.

 

Beberapa hal ini wajib diperhatikan untuk menghindari kamar dari bau apek dan tidak sehat lainnya, antara lain :

  1. Sirkulasi udara dan pencahayaan matahari langsung yang kurang baik

 

Bau apek bisa disebabkan karena udara di dalam ruangan nggak bisa keluar, sehingga nggak ada pergantian udara. Hal ini karena sirkulasi udara berupa jendela atau ventilasinya nggak berfungsi dengan baik.

 

Selain sirkulasi udara, pencahayaan juga penting, karena bisa mengurangi kelembapan. Kamar yang redup dan sulit dimasuki cahaya matahari langsung cenderung lembap dan mudah apek. Jadi pastikan sirkulasi udara dan pencahayaan matahari langsung cukup baik, ya!

 

  1. Tumpukan baju kotor yang disimpan di kamar

 

Pakaian kotor yang terkena debu dan keringat yang menumpuk di sudut ruangan bisa menjadi penyebab kamar bau apek, lo. Apalagi jika banyak pakaian yang menggantung di balik pintu pula, karena baru sekali pakai dan sayang kalau dicuci.

 

  1. Lantai kamar terlalu lembap bisa memicu bakteri penyebab bau apek

 

Kelembapan lantai dipengaruhi beberapa hal seperti jenis lantainya, suhu lingkungan dan air tanah. Jika lantai kamarmu terlalu lembap, maka usahakan nggak perlu pakai karpet supaya nggak makin lembap. Lantai yang lembap akan memicu bakteri penyebab bau apek. Apalagi jika sampai membuat perabot kayu berjamur.

 

  1. Keset basah dan berdebu yang jarang dibersihkan

 

Keset memang berfungsi membersihkan kaki dari kotoran seperti debu, dan menyerap air biar lantai nggak basah. Tapi jika dibiarkan terlalu lama tanpa dibersihkan, padahal debu sudah tebal dan cukup lembap, tentu menimbulkan bau tak sedap. Sebenarnya nggak hanya keset saja, handuk basah juga bisa bikin bau apek.

 

Baca juga : Ini Lho, Ciri Orang yang Suka Dihisap Nyamuk Darahnya !

 

 

  1. Debu membandel yang menempel di karpet atau sofa

 

Jika kamarmu ada karpet dan sofa, pastikan rutin dibersihkan paling nggak seminggu sekali ya, supaya debunya nggak mengendap dan bikin bau apek. Karpet dan sofa memang biang debu paling banyak. Debu yang sudah mengendap jika ditepuk sedikit saja akan mudah terbang dan menyebabkan bau apek.

 

  1. Bau apek dari keringat tubuh

 

Jangan salah, meski niatnya biar bisa istirahat, tubuh yang berkeringat bisa bikin kamar jadi bau apek. Apalagi jika keringat menempel di karpet, sofa, bahkan bantal dan kasur. Bayangkan saja, keringat yang bau, harus menempel dan mengendap di kain, jelas apek, kan?

 

  1. Bau apek dari kasur yang jarang dijemur

 

Kasur yang jarang dijemur dan seprai yang jarang diganti juga menyumbang bau apek di kamar. Meski terlihat bersih, tapi kasur setiap hari terkena keringat saat ditiduri, belum lagi jika terkena iler, bahkan ompol juga. Hal ini membuat kasur berbau apek.

 

Nah, bau apek yang mengendap bisa menjadikan ruangan juga ikut bau apek, nih. Apalagi jika seprainya jarang diganti juga. Idealnya, kasur dijemur sebulan sekali dan seprai maksimal diganti 2 minggu sekali, ya!

 

  1. Ada hewan peliharaan yang sering masuk kamar

 

Perlu diingat hewan baik itu yang berbulu atau pun nggak, tetap memiliki bau tubuh yang khas. Apalagi mungkin saja, tubuh hewan terkena kotorannya sendiri. Maka, jangan heran jika kamarmu bau apek jika sering membiarkan hewan kesayanganmu masuk kamar.

 

Baca Berita Nasional Terbaru Lainnya di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here