Atasi Kantuk di Pagi Hari dengan Metode Ini
Atasi Kantuk di Pagi Hari dengan Metode Ini

Dang Merdu – Lawan kantuk kamu dan mulai untuk membiasakan bangun pagi sekarang. Cek cara mengusir kantuk pada pagi hari yang dijamin ampuh untuk dicoba:

 

  1. Minum segelas air putih

Saat tidur, tubuh juga akan kehilangan cairan yang membuat Anda merasa lemas ketika bangun. Anda perlu mengganti cairan tersebut dengan segera. Salah satu caranya dengan mengonsumsi satu atau dua gelas air putih setelah bangun tidur.

 

Untuk memudahkan, cobalah taruh gelas atau botol minum di dekat tempat tidur. Jaraknya harus bisa lebih mudah dijangkau ketimbang smartphone Anda. Dengan begitu, Anda bisa mengonsumsi air terlebih dahulu alih-alih mengecek smartphone begitu bangun tidur.

 

  1. Coba menggerakkan badan

Langkah selanjutnya adalah bangun dari kasur. Membiarkan badan terlalu lama di atas kasur berpotensi membuat Anda kembali tidur. Lebih baik lagi jika Anda bangun dan segera pergi ke kamar kecil untuk cuci muka.

 

Setelah itu, cobalah melakukan aktivitas fisik sehingga tubuh Anda bergerak. Anda bisa sekadar melakukan peregangan untuk membuat tubuh lebih rileks atau langsung bersiap untuk berolahraga pagi.

 

  1. Mandi air dingin

Cobalah untuk tidak langsung mengguyur badan dengan air dingin. Pasalnya, tubuh bisa kaget karena perubahan suhu yang tiba-tiba. Mulailah siram badan dari bagian kaki dan perlahan mulai naik ke tubuh bagian atas.

 

  1. Sarapan yang bergizi

Sarapan juga menjadi cara menghilangkan ngantuk di pagi hari. Namun, Anda perlu memilih sarapan dengan nutrisi seimbang. Anda bisa memilih telur, susu, daging, yogurt, sayur, dan kacang-kacangan.

 

 

  1. Menyapa matahari

Jika masih merasa mengantuk, cobalah untuk ke luar ruangan dan berjalan-jalanlah sebentar. Cahaya matahari bisa bantu meningkatkan serotonin supaya Anda tetap terjaga. Cara ini tentu cukup mudah dilakukan.

 

  1. Kurangi kopi

Bukan berarti karena mengantuk, Anda malah menambah asupan kafein supaya lebih melek, ya. Segelas kopi sudah lebih dari cukup saat Anda sangat mengantuk.

 

Baca juga : Pilih Makan Dulu Atau Olahraga Dulu ?

 

  1. Hindari asupan gula berlebih

Gula menjadi sumber energi di pagi hari. Namun, salah juga jika mengonsumsinya secara berlebihan. Selain berbahaya untuk kesehatan, asupan gula berlebih malah akan membuat kadar gula darah meningkat drastis dan turun secara cepat.

 

 

  1. Kelola stres dengan baik

Stres sebenarnya sangat normal dialami oleh tubuh untuk merespons sesuatu. Namun, stres ini harus dikelola dengan baik supaya tidak berimbas pada aktivitas sehari-hari.

 

Anda bisa mencoba keluar dulu dari hal-hal penyebab stres. Jika diperlukan, cobalah konsultasikan masalah stres ini kepada para psikolog untuk mendapatkan saran-saran terbaik. Anda bisa berkonsultasi secara online dengan smartphone dengan lebih mudah, loh.

 

  1. Kurangi merokok

Ada banyak hal buruk yang bisa rokok berikan pada tubuh Anda. Kandungan dalam rokok bisa membuat saluran pernapasan Anda terganggu. Selain itu, rokok juga membuat Anda lebih lelah di pagi hari.

 

Hal ini disebabkan oleh kandungan nikotin dalam rokok yang membuat siklus tidur Anda menjadi terganggu. Anda pun akan merasa seperti kurang tidur biarpun sepertinya sudah punya waktu tidur yang cukup panjang.

 

  1. Atur kebiasaan tidur malam yang baik

Cara lain untuk menghilangkan ngantuk terbaik adalah mengatur pola tidur. Pastikan Anda memiliki waktu tidur sekitar 7—8 jam per harinya. Cobalah dapat tidur yang berkualitas sehingga Anda lebih segar esok harinya.

 

Untuk mendapatkan tidur berkualitas ini, tubuh mungkin butuh waktu untuk membiasakan diri. Mulailah denganmenjauhkan gadget sebelum tidur untuk mengurangi paparan sinar biru. Selain itu, bangun suasana nyaman di kamar tidur dengan mematikan lampu dan memberikan aromaterapi yang menenangkan.

 

Baca Berita Nasional Terbaru Lainnya di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here