9 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Sepeda Listrik
9 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Sepeda Listrik

Berita Pekanbaru Terbaru – Sepeda listrik menjadi alternatif terbaik bagi anda yang kerap merasa lelah di tengah jalan dengan mengendarai sepeda.

Sepeda listrik bisa digunakan dengan 2 fungsi, seperti di kayuh secara manual dan dijalankan dengan menggunakan listrik.

Dengan lajunya yang lebih cepat serta hemat uang dikarenakan tak perlu mengeluarkan biaya bahan bakar, selain tak berisik sepeda listrik juga tidak menimbulkan polusi.

Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki, membuat sepeda tersebut cukup laris dipasaran. Bagi anda yang tertarik untuk memilikinya, ada beberapa hal yang harus anda lakukan sebelum memutuskan untuk membelinya, seperti :

1. Ketahui Medan Anda

Sepeda listrik untuk menunjang aktivitas dari orang yang gemar bersepeda akan tetapi tak ingin terlalu lelah, sehingga desainnya berdasarkan preferensi tertentu. Jadi, sebelum memutuskan untuk membeli sebaiknya ketahui dulu tempat yang akan sering anda kunjungi menggunakan sepeda tersebut.

Baca juga : 5 Hal Yang Menjadi Penyebab Mengapa Mobil Anda Tak Kuat Menanjak

2. Tipe Sepeda Listrik

Terdapat 2 jenis eBikes, yang pertama adalah twist-n-go. Pengendara menggunakan saklar dalam memicu bantuan motor. Untuk jenis ini dipacu oleh throttle, tak membutuhkan pajak, lisensi dan juga asuransi.

Jenis lainnya ialah pedelec, dimana pengendara yang memantau kayuhan kemudian menambahkan tingkat dukungan motor tertentu dengan otomatis yang tergantung dari kecepatan, gaya pengendara dan juga laju. Di beberapa negara kecepatan maksimalnya ialah 25 km/jam. Apabila pengendara mencapai batas tersebut sepeda akan mati secara otomatis. Ada juga eBike dengan performa lebih tinggi yang mampu melaju hingga 45 km/jam. Akan tetapi harus mempunyai lisensi serta asuransi khusus untuk menggunakannya.

3. Jenis Motornya

Ada dua tipe utama motor yang bisa dipasang pada salah satu roda sepeda atau untuk mengatur area cranks serta pedal. Untuk bekerja lebih efisien pada bukit yang terjal, idealnya motor listrik didukung cranks. Akan tetapi lebih berisik meski tergantung dari merek sera jenisnya.

Berbeda dengan motor hub yang tak bekerja dengan optimal di perbukitan, akan tetapi tidak berisik.

Baterai yang lebih mahal biasanya lebih ringan dan tahan lama serta cepat pengisian dayanya. Kualitasnya pun juga berbeda. Jangan lupa untuk memastikan garansi baterai umumnya maksimal 2 tahun. Baterai lithium-ion biasanya dapat bertahan hingga 800 siklus pengisian secara penuh, setara dengan 3 tahun perjalanan pada hari kerja.

9 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Sepeda Listrik
9 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Sepeda Listrik

4. Perhatikan Detail

Tak hanya kualitas, kapasitas dan jenis baterai juga perlu dicek kondisinya. Selain itu juga perhatikan kondisi ban, kerangka, rantai dan sebagainya. Agar anda yakin dengan produk yang akan dibeli aman, nyaman dan juga awet saat digunakan.

5. Jangkauan Dari Sepeda Listrik

Jangkauan yang dipatokkan oleh jarak yang bisa ditempuh dengan sekali pengisian daya dengan penuh. Hal tersebut merupakan pertimbangan yang sangat penting sebelum membelinya.

Apabila anda gemar bersepeda, tentunya tak ingin kehabisan tenaga di tengah perjalanan. Pilihlah sepeda listrik dengan jangkauan yang lebih tinggi dari yang anda butuhkan. Dimana jangkauan tersebut akan menurun seiring bertambahnya usia dari baterai tersebut.

6. Harga

Ada kualitas tentunya ada harga. Anda bisa membeli dengan harga yang cukup murah akan tetapi, seberapa lama kah sepeda tersebut dapat digunakan.

Pilihlah sepeda listrik dengan frame berkualitas, rem fungsional, suspensi dengan kualitas yang baik serta komponen lini atas. Prioritaskan untuk menemukan harga yang memang pantas dengan kualitas yang baik.

7. Cek Garansi

Pastikan jika sepeda yang akan anda beli disertai dengan garansi. Setidaknya garansi yang dimiliki dua tahun baik motor, suku cadang hingga baterainya.

8. Tes Sebelum Dibeli

Jangan lupa mengetesnya terlebih dahulu sehingga tak ada keraguan dan dapat merasakan sendiri apakah sepeda tersebut mampu bekerja dengan baik berdasarkan kebutuhan anda dan berfungsi dengan maksimal.

9. Pilihlah Penjual Yang Terpercaya

Tak kalah pentingnya, memilih tempat penjualan dengan memilih sepeda listrik yang sesuai. Dalam mengevaluasi toko terdapat tiga poin penting yang juga harus dipertimbangkan seperti rasa, kualitas dan komitmen.

Apakah anda akan merasakan adanya perasaan untuk mendapatkan produk terbaik. Lalu apa saja yang ditawarkan dari penjual, kemudian perhatikan kualitas dan reputasi dari produk yang dijual tersebut.

Untuk informasi seputar Berita Otomotif Terbaru lainnya hanya di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here