5 Hal Yang Menjadi Penyebab Mengapa Mobil Anda Tak Kuat Menanjak
5 Hal Yang Menjadi Penyebab Mengapa Mobil Anda Tak Kuat Menanjak

Berita Pekanbaru Terkini – Walaupun mobil telah didesain untuk menghadapi jalan yang menanjak, akan tetapi anda juga sering merasakan jika mobil yang anda gunakan seperti tak bertenaga. Apabila hal tersebut terjadi pada mobil anda secara tiba-tiba, ada baiknya untuk melakukan pengecekan 5 hal yang bisa saja menjadi penyebab mobil anda tak kuat saat digunakan untuk melintasi jalan yang menanjak seperti : 

1. Masalah pada bagian saluran bahan bakar

Walaupun telah menggunakan bahan bakar yang berkualitas, mungkin saja terjadi masalah lain pada bagian balam komponen bahan bakar mobil sehingga mobil menjadi tak kuat untuk diajak menanjak. Contohnya saja terjadi penyumbatan pada bagian saluran bahan bakarnya yang membuat penyaluran bahan bakar yang mana sebagai sumber energi dari mobil yang anda gunakan menjadi terhambat.

Umumnya penyumbatan tersebut dapat terjadi disebabkan oleh banyaknya kerak karbon yang menempel atau pun dapat disebabkan karena kebiasaan dari para penggunanya yang tak mengisi bensin walaupun bensin di tangki mobil sudah mau habis. Apabila hal tersebut dibiarkan secara terus menerus otomatis endapan yang ada di dalam tangki bensin akan naik hingga ke saluran bahan bakar yang dapat menimbulkan penyumbatan.

Baca juga : Selama 2021 Denda Tilang Elektronik Sudah Mencapai 639 Miliar

2. Masalah pada bagian sistem bahan bakar

Berikutnya yang harus dilakukan pemeriksaan ialah bagian sistem bahan bakar, dimana penggunaan bahan bakar yang tak mampu mendukung untuk sebuah mobil bekerja lebih maksimal pada saat berada di tanjakan. Untuk masalah tersebut, anda dapat menggunakan bahan bakar yang memiliki kualitas yang lebih tinggi dari bahan bakar yang sebelumnya anda gunakan. Akan tetapi, anda juga tetap harus memperhatikan kadar oktan yang sesuai berdasarkan panduan penggunaan mobil.

3. Busi mobil bermasalah

Berikutnya adalah bagian busi, dimana komponen yang satu ini pun dapat menjadi penyebab jika mobil tak kuat saat di gunakan untuk melintas dijalan yang menanjak. Busi yang kondisinya lemah dapat menyebabkan kendaraan menjadi tak begitu responsif ketika melaju. Tak hanya itu saja, busi yang sudah melemah juga dapat membuat kendaraan anda menjadi lebih cepat boros dikarenakan proses pembakarannya yang tak begitu sempurna. Jadi, disarankan untuk mengganti busi mobil setidaknya tiap 20 ribu kilometer.

4. Masalah pada oli mesin 

Masalah berikutnya yang mungkin saja menjadi penyebab mobil kesayangan anda tak mampu untuk digunakan melintasi jalan yang menanjak ialah oli mesin. Sangat disarankan untuk melakukan penggantian oli mesin dengan rutin sesuai dengan jadwal atau kilometer yang telah ditulis mekanik ketika anda mengganti oli. Tak hanya itu, gunakan juga oli mesin yang sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan oleh tiap pabrikan mobil agar performa mobil anda tetap maksimal.

5. Masalah pada bagian kelistrikan mobil

Kelistrikan pun bisa menjadi salah satu penyebab mengapa mobil anda menjadi tak kuat menanjak atau bahkan bisa sampai mogok. Masalah yang satu ini umumnya dapat terjadi dikarenakan kondisi aki yang tak lagi maksimal atau sistem pengisian uang listrik dari alternator ke aki mobil yang bermasalah. Jadi, disarankan untuk melakukan pengecekan pada bagian kelistrikannya terutama pada bagian kabel-kabel yang mungkin saja telah berkarat yang dapat membuat aliran listrik menjadi tak lancar.

Itulah 5 hal yang mungkin saja menjadi penyebab mobil kesayangan anda tak kuat saat diajak melintasi jalan yang menanjak. Jangan lupa untuk terus menjaga performa mobil kesayangan anda dengan memperhatikan beberapa hal tersebut sehingga mobil anda tetap dapat melaju diberbagai medan jalan.

Dapatkan informasi seputar Berita Otomotif Terkini lainnya hanya di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here