Apa itu TikTok, dan Apakah Bagus untuk Jualan di Sana?

Berita Pekanbaru Terlengkap – Sebagai pemilik bisnis, kita cenderung memasarkan hanya pada platform yang kita rasa nyaman. Ketika tren media sosial baru muncul, Anda mungkin merasa kehilangan tempat dalam hal pemasaran. Namun, semua platform media sosial tidak dibangun sama, dan tergantung pada audiens Anda, Anda mungkin hadir seperti biasanya.

Namun demikian, hal itu tidak mengurangi pentingnya untuk tetap menaruh perhatian terhadap platform media sosial baru yaitu TikTok. Karena aplikasi video di media sosial ini terus meningkat, sekaranglah saatnya untuk mengetahui apa yang sedang hype. Mari kita bahas apa itu TikTok, siapa yang menggunakannya, dan apakah itu bagus untuk menjual sesuatu di sana.

Apa itu TikTok?

TikTok diluncurkan dalam bentuknya yang sekarang pada tahun 2018. TikTok adalah sebuah platform media sosial yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan berbagi video ponsel dalam  durasi yang pendek dan juga mudah dicerna, mirip dengan fitur Reel dari Instagram. Baik pembuat konten amatir maupun konten creator yang profesional dapat mengedit video mereka dengan menggunakan efek khusus bawaan aplikasi, efek suara, stiker, dan juga musik tentunya, karena ini adalah media sosial dengan dasar postingan video berdurasi pendek.

Pengguna bahkan dapat berkolaborasi pada konten dengan membuat video layar terpisah, yang dikenal sebagai “duet”. Tren pada aplikasi ini biasanya berkisar dari sinkronisasi bibir dan melakukan koreografi hingga membuat sketsa lucu. Dengan menyediakan konten berukuran kecil (durasi yang tidak lama) yang tak ada habisnya, aplikasi ini menjadi terkenal karena kelayakannya untuk berbagi banyak hal.

Siapa yang Menggunakan TikTok?

Dibandingkan platform media sosial lainnya (seperti Facebook, Instagram, dan Twitter) TikTok memiliki demografi pengguna termuda. Mayoritas pengguna dari aplikasi ini terdiri dari Gen Z. Menurut statistik dari para ahli di bidang aplikasi media sosial, 47,4% penggunanya berada pada rentang usia antara 10 dan 29 tahun.

Baca Juga: Cara Melindungi Lensa Kamera Ponsel Cerdas Anda

Meskipun Anda akan menemukan TikToker dari segala usia, populasi usia kuliah adalah kelompok orang yang paling menyukai platform ini. Menurut studi, TikTok baru-baru ini mencapai satu miliar pengguna aktif bulanan secara global, dan jumlah itu terus meningkat. Hal ini membuat banyak pemilik bisnis bertanya-tanya, “Bisakah saya menjual suatu produk di TikTok?”

Siapa yang Harus Menjual Sesuatu di TikTok?

TikTok tidak terkunci hanya untuk regional tertentu. Jika Anda mencoba menjual di platform ini, pesan yang Anda sampaikan akan dibagikan ke seluruh dunia. Itu sebabnya jika Anda menjual produk yang dapat dibeli secara online (terutama yang menarik bagi konsumen Gen Z) TikTok dapat menjadi sebuah alat pemasaran digital yang hebat.

Dengan menunjukkan identitas merek yang unik dan dengan sedikit kreativitas, Anda dapat menemukan kesuksesan di antara demografi usia kuliah pada aplikasi ini. Namun, jika klien ideal Anda adalah seorang profesional bisnis berusia 40-an atau 50-an, Anda mungkin lebih beruntung melakukan pemasaran di platform seperti LinkedIn atau Facebook.

Meluangkan waktu untuk memahami apa itu TikTok akan membantu Anda menentukan apakah itu usaha yang bermanfaat untuk bisnis Anda. Meskipun ada banyak peluang untuk seller online di aplikasi yang satu ini. Anda perlu mempertimbangkan dengan cermat apakah itu sepadan dengan waktu yang Anda luangkan untuk mempelajarinya. Semua berita yang informatif semacam ini akan terus bisa Anda dapatkan, dengan mengikuti platform DANG MERDU ini. Platform berita bisnis terlengkap yang tentunya selalu diperbarui setiap hari dan pastinya ANTI HOAX!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here