Apakah Anda Benar-Benar Membutuhkan Rencana Bisnis?

Berita Pekanbaru Terkini – Sebuah rencana bisnis adalah alat yang sangat penting dan strategis bagi pengusaha. Rencana bisnis yang baik dan benar tidak hanya dapat membantu para pebisnis untuk fokus pada langkah-langkah spesifik yang mereka perlukan untuk membuat ide bisnis bisa berhasil, namun juga dapat membantu mereka mencapai tujuan secara jangka pendek maupun jangka panjang. Benjamin Franklin berkata, “Jika Anda gagal untuk merencanakan, maka Anda sedang merencanakan kegagalan”.

Sementara rencana bisnis sangat penting untuk kewirausahaan, tidak setiap pengusaha melihat kebutuhan untuk itu. Banyak yang enggan untuk menuliskan rencana mereka dan ada banyak artikel online yang mengklaim bahwa rencana bisnis itu sudah mati atau tidak relevan. Tetapi tidak semua orang akan setuju dengan hal semacam ini. Sejumlah besar pakar pendanaan bisnis mendukung gagasan bahwa memiliki rencana bisnis yang baik saja tidak cukup.

Bahkan ide bisnis yang bagus pun bisa menjadi sia-sia jika Anda tidak dapat merumuskan, menjalankan, dan mengimplementasikan rencana strategis untuk membuat ide bisnis Anda berhasil. Jika Anda ingin mengumpulkan dana dari investor dan pemberi pinjaman, ingatlah bahwa memiliki rencana bisnis yang baik sangat berharga. Anda harus bertujuan untuk memiliki rencana yang terdokumentasi dengan baik. Itu harus jelas dan mudah dibaca dan dipahami. Sebelum Anda mulai untuk menulis tentang rencana bisnis, sangat penting untuk mempertimbangkan dua faktor penting berikut ini:

  • Siapa yang akan menjadi pembacanya?
  • Anda ingin tanggapan mereka seperti apa?

Misalnya, jika Anda tertarik untuk menambah modal, investor kemungkinan besar akan menjadi audiens target Anda. Jika Anda tertarik dengan kemitraan atau usaha patungan, calon mitra bisnis Anda akan menjadi audiens Anda. Siapa pun audiens ini, fokuslah pada pesan utama apa yang Anda ingin mereka terima untuk mendapatkan respons yang Anda inginkan.

Empat Alasan untuk Menulis Rencana Bisnis

1. Untuk mengumpulkan uang untuk bisnis Anda

Calon investor atau pihak pemberi pinjaman menginginkan rencana bisnis secara tertulis sebelum mereka memberi Anda modal untuk bisnis. Deskripsi konsep bisnis Anda saja tidak cukup. Jadi, pastikan Anda memiliki rencana bisnis dan keuangan secara menyeluruh yang menunjukkan kemungkinan keberhasilan dan seberapa banyak yang Anda perlukan agar bisnis Anda berhasil dalam jangka panjang.

Baca Juga: 5 Ponsel Gaming Kelas Budget Terbaik untuk 2022

2. Untuk membuat keputusan yang tepat

Sebagai seorang pengusaha, memiliki rencana bisnis membantu Anda menentukan dan fokus pada ide serta strategi bisnis Anda. Tidak hanya fokus pada masalah keuangan, tetapi juga harus fokus pada masalah manajemen, perencanaan sumber daya manusia, peralatan teknologi, dan juga penciptaan nilai atau value bagi pelanggan Anda.

3. Untuk membantu Anda mengidentifikasi potensi kelemahan

Memiliki rencana bisnis membantu Anda mengidentifikasi potensi kesalahan atau kelemahan dalam ide Anda. Anda juga dapat berbagi rencana dengan orang lain yang dapat memberikan pendapat dan saran mereka kepada Anda. Identifikasi para ahli dan profesional yang berada dalam circle Anda untuk memberi Anda nasihat berharga dan berbagi rencana Anda dengan mereka.

4. Untuk mengkomunikasikan ide-ide Anda dengan rekan bisnis

Rencana bisnis merupakan salah satu alat komunikasi yang bisa Anda gunakan untuk mengamankan modal dari lembaga keuangan atau pihak pemberi pinjaman. Anda juga dapat menggunakannya untuk meyakinkan orang agar bekerja untuk perusahaan Anda, untuk mengamankan kredit dari pemasok dan untuk menarik pelanggan potensial.

Membuat rencana bisnis melibatkan banyak pemikiran. Anda perlu mempertimbangkan apa yang ingin Anda lakukan dan menggunakannya sebagai titik awal. Tidak perlu rumit. Pada intinya, rencana Anda harus mengidentifikasi di mana Anda sekarang, ke mana Anda ingin bisnis Anda pergi, dan bagaimana Anda akan sampai di sana. Menulis rencana bisnis yang baik tidak menjamin kesuksesan, tetapi dapat mengurangi kemungkinan kegagalan. Selain itu, bahkan jika Anda tidak mencari investasi, rencana wirausaha Anda akan gagal dengan cepat tanpa rencana untuk membimbingnya.

Semua berita yang informatif semacam ini akan terus bisa Anda dapatkan, dengan mengikuti platform DANG MERDU ini. Platform berita bisnis terupdate yang tentunya selalu diperbarui setiap hari dan pastinya ANTI HOAX!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here