7 Cara Aman Agar Tak Mudah Lelah Saat Menggunakan Motor
7 Cara Aman Agar Tak Mudah Lelah Saat Menggunakan Motor

Berita Pekanbaru Terkini – Para pengendara yang ingin melakukan perjalanan baik itu dekat atau pun jauh menggunakan sepeda motor tak hanya harus mengerti bagaimana cara menggulirkan handle gas saja atau menarik serta menginjak rem untuk menghentikan laju motor.

Karena, perlu anda ketahui bagaimana posisi berkendara yang nyaman untuk tubuh supaya tidak akan merasa lebih cepat pegal hingga mengalami nyeri.

Umumnya pada saat berkendara menggunakan sepeda motor, sebaiknya perlu anda ketahui seperti apa posisi tubuh yang tepat saat berkendara.

Berikut ini adalah tips bagaimana cara berkendara menggunakan sepeda motor yang baik dan benar, seperti :

1. Pandangan mata

Pada saat mengendarai sepeda motor, pandangan mata anda harus lurus ke depan serta sesekali harus memperhatikan kiri, kanan dan juga sekeliling.

Baca Juga : Di Indonesia, Penjualan Mitsubishi Menjadi Yang Nomor Satu di Dunia

Akan tetapi, hal tersebut sebaiknya dilakukan hanya sepersekian detik saja. Anda pun disarankan jangan hanya mengandalkan kaca sepion saja untuk mengetahui kondisi sekeliling kendaraan anda.

Dimana kaca spion sendiri juga memiliki titik buta yang bisa membuat kendaraan yang lain tak terlihat.

2. Lengan

Selanjutnya, posisi lengan juga harus membentuk siku supaya bisa mempersiapkan tubuh saat bermanuver.

Jika lengan dalam posisi lurus, saat pengereman akan  terasa sakit. Maka, sebaiknya tekuk saja seperti suspensi atau lengan ayun.

3. Pundak

Untuk mencegah kelelahan saat berkendara menggunakan sepeda motor, sebaiknya posisi pundak anda harus dalam keadaan rileks.

4. Pinggul

Untuk pinggul harus duduk dalam keadaan yang sempurna sewaktu berada di atas jok. Agar mendapatkan posisi yang nyaman umumnya para pengendara berdiri sebentar kemudian duduk menempatkan posisi bokong berada tepat di jok.

7 Cara Aman Agar Tak Mudah Lelah Saat Menggunakan Motor
7 Cara Aman Agar Tak Mudah Lelah Saat Menggunakan Motor

5. Genggaman Jari

Pada saat berkendara menggunakan sepeda motor, sebaiknya jari anda tak harus berada di handle rem. Sebaiknya genggaman jari tangan anda berada di tuas gas.

Perlu di ingat, pada saat menggenggam tuas gas makan pastikan pula empat jari anda memegang erat. Begitu pun pada saat melakukan pengereman, empat jari kemudian hindari juga penggunaan dengan dua jari.

Pengereman dengan menggunakan empat jari tentu akan membuat tuas gas akan tertutup sehingga kendaraan benar-benar melambat.

Sedangkan untuk pengereman dengan menggunakan dua jari itu hanya dilakukan untuk keperluan balapan dan bukanlah merupakan cara yang tepat untuk diterapkan dengan aman saat berada di jalan raya.

6. Lutut

Untuk para pengguna skuter matik, posisi kaki anda harus rapat serta berada benar-benar di balik sayap depan motor anda.

7. Kaki

Pada saat mengendarai sepeda motor matik, pastikan pula untuk posisi kaki secara keseluruan itu berada atau pun terlindung di balik sayap motor.

Jangan pula membuka kaki anda terlalu lebar, karena dapat berpotensi akan terserempet oleh kendaraan yang lain.

Apabila kaki anda rapat, tentu lutut akan berada di dalam. Sehingga jika terserempet oleh kendaraan lain, maka bagian sayap motorlah yang akan terkena bukan kaki anda.

Begitupun dengan motor sport, posisi yang baik itu mengapit ringan pada bagian tangki motor demi keamanan dan keseimbangan saat berkendara.

Dan posisi kaki pun sebaiknya harus lurus dan berada di atas footstep jika menggunakan motor sport, jangan terlalu jauh di bagian depan atau pun belakang.

Apabila semua posisi berkendara tersebut dilakukan, tentu akan terciptanya segitiga keamanan saat berkendara. Hal tersebut akan membuat pengendara merasa aman dan keseimbangan ketika bermanuver pun dapat terjaga.

Dapatkan informasi seputar Berita Otomotif Terkini lainnya hanya di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here