Ban Tubeless Motor Anda Sering Kempes Bisa Jadi Inilah Penyebabnya
Ban Tubeless Motor Anda Sering Kempes Bisa Jadi Inilah Penyebabnya

Berita Pekanbaru – Saat ini ban tubeless merupakan komponen yang paling sering digunakan dibanding dengan ban konvensional atau juga yang lebih dikenal dengan tube type.

Bicara soal keunggulannya tentu saja jika ban tubeless bila terkena paku atau benda tajam lainnya tak akan mudah kempes dimana sepeda motor akan tetap bisa dipakai.

Bukan itu saja, kini pola pada ban tubeless juga semakin banyak dan para konsumen pun dapat memilih ban tersebut yang memang sesuai dengan berbagai model yang diinginkan. Dikarenakan pattern dari ban juga dapat mempengaruhi tampilan dari sepeda motor yang dimiliki.

Walau pun ban tubeless juga mempunyai berbagai macam keunggulan, akan tetapi terdapat juga masalah lain yang juga muncul pada saat penggunaan ban tubeless, salah satunya seperti sering terjadinya kempes ban. Apa saja penyebab terjadinya hal tersebut? Mari kita simak ulasan berikut ini.

Rusaknya Pentil Ban

Hal yang paling penting saat menggunakan ban tubeless ialah velg yang dimiliki pada sepeda motor harus velg bertipe cast wheel yang dikenal dengan velg palang atau racing. Dimana velg tersebut mempunyai kerapatan di bagian tapak velgnya.

Baca Juga : Dampak Yang Ditimbulkan Jika Anda Sembarangan Modifikasi Setir Mobil

Tak hanya itu saja, untuk pemasangan ban tubeless juga membutuhkan pentil yang terpisah. Umumnya pentil tersebut terbuat dari karet yang hanya perlu menyelipkan saja ke bagian lubang pentil yang ada di velg.

Apabila ban tubeless tersebut sering kempes dimana tak ada kebocoran, mungkin saja karet pentilnya sudah aus atau bahkan getas. Hal tersebut lah yang menyebabkan udara di bagian dalam ban jadi keluar dengan perlahan. Disarankan untuk segera melakukan penggantian pentil tubeless dengan yang baru jika hal tersebut sudah terjadi.

Tetap Berjalan Walau Ban Kempes

Tak sedikit yang mengabaikan ban tubeless yang kempes lalu tetap menggunakannya untuk berjalan, terdapat kemungkinan pasir atau pun benda lain yang masuk ke celah di antara bibir velg dengan ban tersebut. Jika hal tersebut dibiarkan dalam waktu yang panjang dapat membuat butiran pasir tersebut masuk lebih dalam lagi dengan jumlah yang semakin banyak.

Apabila sudah terkumpul dan mengendap dapat menekan bagian pinggiran ban dan juga velg sehingga menimbulkan celah dimana pada akhirnya dapat menciptakan ruang udara dalam ban sehingga ban menjadi kempes.

Itulah mengapa untuk tidak mengabaikan kondisi ban motor anda yang sudah kempes terlalu lama serta mengisi angin sesuai dengan ukuran yang sudah tertera pada ban motor yang anda gunakan.

Velg Motor Bengkok

Ternyata bukan hanya karena tetap digunakan berjalan dalam keadaan ban kempes saja yang menyebabkan partikel kotoran dapat masuk ke celah ban tetapi juga disebabkan karena velg yang telah bengkok pada bagian bibirnya. Hal tersebut mungkin saja terjadi jika sepeda motor yang anda gunakan menghantam lubang dengan sangat keras atau bahkan disebabkan oleh tukang tambal ban yang mencongkel ban dengan sangat keras.

Apabila hal tersebut sudah terjadi, solusi yang harus dilakukan ialah membawanya ke bengkel yang ahli dalam menyetel velg. Tak hanya menjaga supaya kotoran tak masuk velg dan ban yang rapat ternyata dapat membuat perjalanan anda semakin menyenangkan.

Tertancap Paku

Meski ban tubeless lebih kuat dalam menahan kebocoran saat terkena paku. Akan tetapi ada beberapa pengguna sepeda motor yang menggunakan ban tubeless abai dengan kondisi tersebut, dimana ban tidak akan langsung bocor saat terdapat paku yang menancap pada ban.

Perlu juga untuk diketahui jika paku yang menancap tersebut dapat membuat ban kempes dengan perlahan, hal tersebut disebabkan oleh bentuk paku yang tak merata sehingga menciptakan celah untuk udara yang ada di dalam ban menjadi keluar.

Dapatkan informasi seputar Berita Otomotif Terkini lainnya hanya di laman Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here