8 Cara Menghilangkan Karat Pada Knalpot
8 Cara Menghilangkan Karat Pada Knalpot

Berita Pekanbaru  – Bingung karena karat pada bagian leher knalpot mulai muncul, jangan risau banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkannya. Biasanya karat baru akan muncul setelah dua tahun pemakaian jika motor tersebut sering digunakan. Akan tetapi, karat tersebut tak dapat dianggap sepele karena dapat menyebabkan kebocoran yang mengakibatkan pendinginan pada mesin akan tak bekerja dengan sempurna.

Beberapa penyebab knalpot berkarat seperti jarang dibersihkan, terkena air hujan beserta udara air laut dan munculnya uap air pada tabung knalpot.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk menghilangkan karat pada knalpot yang dapat anda lakukan.

1. Baking Soda / Soda Kue

Cara yang pertama cukup mudah untuk dilakukan, bahan yang dibutuhkan hanya baking soda atau soda kue dan jeruk nipis. Campurkan baking soda dengan perasan air jeruk nipis hingga membentuk seperti pasta, kemudian oleskan ke bagian knalpot yang berkarat.

Baca Juga : Inilah Kendaraan yang Diprioritaskan Untuk Penggunaan Plat Nomor Putih yang Akan Berlaku Pada Bulan Depan

Biarkan beberapa saat hingga bahan tersebut bekerja mengangkat karat, kemudian bersihkan dengan menggunakan kain kering. Anda dapat mengulang pengaplikasiannya apabila noda karat masih ada.

2. Minuman Bersoda

Cara yang berikutnya dengan menggunakan minuman bersoda yang banyak dijual di pasaran. Kandungan karbon dioksida pada minuman tersebut dapat merontokkan karat pada bagian leher knalpot.

Cara menggunakannya hanya dengan menuangkannya secara langsung ke bagian yang berkarat. Kemudian biarkan hingga 15 menit agar minuman tersebut bereaksi.

Kemudian bersihkan menggunakan air, jika noda karat masih ada maka tuang kembali minuman bersoda tersebut diamkan sesaat kemudian sikat karat menggunakan sikat gigi hingga noda menghilang. Setelahnya bersihkan menggunakan air dan bersihkan menggunakan kain yang kering.

4. Pasta Gigi

Pasta gigi tak hanya dapat memutihkan gigi ternyata juga dapat menghilangkan karat. Karena bentuknya berupa pasta sehingga lebih mudah digunakan dibandingkan minuman bersoda. Caranya cukup dengan mengoleskan kebagian yang berkarat, tunggu hingga 10 menit kemudian sikat menggunakan sikat gigi  untuk mengangkat karat. Setelahnya lap permukaan hingga benar-benar bersih.

4. Pembersih Porselen

Pembersih keramik atau porselen juga tak hanya ampuh untuk membersihkan porselen saja tetapi juga dapat menghilangkan karat pada knalpot.

Cara menggunakannya pun cukup dengan menuangkan cairan tersebut ke permukaan knalpot yang terdapat karat, bisa juga menggunakan kuas dan biarkan cairan tersebut bekerja selama beberapa menit tanpa harus menyikatnya. Kemudian lap menggunakan kain atau menyiramnya terlebih dahulu.

5. Oli Gemuk (Stempet)

Cara berikutnya dapat memanfaatkan gemuk, selain digunakan untuk melumasi beberapa bagian motor ternyata bahan yang satu ini dapat digunakan untuk menghilangkan karat.

Tak hanya karat, kerak membandel pada beberapa bagian motor pun dapat dibersihkan menggunakan oli gemuk. Caranya dengan memanaskan kendaraan terlebih dahulu kemudian oleskan dengan oli gemuk knalpot yang masih panas tersebut. Diamkan hingga karat dan oli tersebut meleleh secara bersamaan.

6. Menggunakan Bensin

Jika kendaraan anda menggunakan bahan bakar dengan RON tinggi seperti RON 98 maka anda dapat memanfaat kan nya untuk merontokkan karat pada knalpot.

Caranya pun cukup mudah dengan  mengoleskan cairan tersebut pada knalpot yang berkarat lalu diamkan beberapa menit, dengan sendirinya karat tersebut akan mulai rontok. Apabila karatnya cukup membandel maka anda harus menyikatnya dengan sikat kawat yang berukuran kecil hingga karat tersebut menghilang.

7. Oli Bekas

Oli mesin bekas kendaraan ternyata juga dapat digunakan untuk membersihkan karat caranya tak berbeda seperti menggunakan oli gemuk dengan memanaskan kendaraan terlebih dahulu kemudian oleskan oli bekas pada knalpot yang panas dan biarkan hingga karat dan oli tersebut meleleh dengan sendirinya.

8. Krim Pembersih Karat

Cara terakhir dengan menggunakan krim khusus untuk pembersih karat. Akan tetapi untuk menggunakannya harus melalui beberapa tahapan seperti melepaskan knalpot dari kendaraan anda. Kemudian amplas permukaan yang berkarat hingga bersih, kemudian gunakan air hingga terlihat tingkat kebersihannya dan keringkan knalpot setelah itu barulah oleskan krim penghilang karat pada knalpot. Kemudian siramlah knalpot menggunakan bensin dan ulangi pengolesan krim apabila karat masih belum hilang dan bersihkan kembali menggunakan bensin. Setelah bersih barulah pasang knalpot kembali.

Dari semua cara tersebut dapat dilakukan dirumah, bahan yang digunakan pun tak begitu sulit didapatkan. Untuk berikutnya anda harus tetap menjaga kebersihan knalpot agar karat pada bagian tersebut tak muncul kembali.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here