Inilah 3 Musuh Mesin Mobil Yang Harus Diperhatikan
Inilah 3 Musuh Mesin Mobil Yang Harus Diperhatikan

Berita Pekanbaru Terbaru – Mobil yang baru keluar dari diler, tentunya merupakan mobil baru dengan performa mesin yang memang sesuai dan merupakan harapan banyak orang. Akan tetapi, seiring dengan bertambahnya usia tentu akan muncul berbagai masalah yang merupakan musuh dari mesin mobil pada saat digunakan di tanah air.

Ada tiga hal yang merupakan musuh dari mesin mobil dan hal yang semacam itu nyatanya sulit untuk di hindari. Sebagai pemilik mobil, kita hanya perlu merawatnya supaya tak muncul permasalahan yang baru.

Sebagai pemilik mobil, tugas kita hanyalah untuk merawatnya oleh karena itu perawatannya pun harus tepat supaya performa dari mobil kesayangan pun tetap terjaga.

Baca Juga : Toolkit Apa Saja Yang Harus Dibawa Saat Melakukan Perjalanan Jauh Menggunakan Sepeda Motor

Perlu diketahui, terdapat tiga musuh yang paling utama pada sebuah mobil di Indonesia seperti oli, bahan bakar serta panasnya iklim di tanah air. Beberapa hal tersebut nyatanya mampu membuat performa mobil anda menjadi lebih cepat menurun, terlebih pada bagian mesin. Apa saja penyebabnya, perhatikan beberapa hal berikut :

Kualitas Bahan Bakar

Terdapat berbagai jenis bahan bakar yang telah disediakan dan itu harus disesuaikan pula berdasarkan spesifikasi mesin kendaraannya. Bensin tanpa bahan timbal atau solar yang memiliki kandungan sulfur rendah dapat mengurangi kerak-kerak yang berada di ruang bakar mobil.

Akan tetapi, di tanah air kualitas dari bahan bakarnya cukup rendah. Meski lebih baik kualitas dari bahan bakar untuk kendaraan mobil bensin yang berbeda dengan kualitas dari bahan bakar untuk mesin diesel yang kualitasnya terbukti kurang baik. Itulah mengapa tak sedikit produsen otomotif dari Eropa yang tak berminat untuk menghadirkan produk bermesin dieselnya di Indonesia dikarenakan untuk tanah air baru Euro 4 dimana untuk Eropa sendiri telah Euro 6.

Hal tersebutlah yang dapat membuat performa dari kendaraan menjadi cepat menurun, sperti banyaknya kerak di bagian mesin, overheat dan lebih parahnya lagi adalah terjadinya turun mesin.

Apabila anda menggunakan bahan bakar yang tak sesuai dengan spesifikasi dari mesin mobil anda, tak hanya overhead serta menimbulkan banyak kerak pada ruang bakarnya, akan tetapi juga dapat membuat mobil menjadi boros. Dimana kita sebagai pengendara akan menginjak pedal gal mobil lebih dalam mengail performa yang kita inginkan saat berkendara.

Oli Yang Tak Sesuai Standar

Musuh yang berikutnya ialah oli mesin, sebagai pemilik kendaraan ada baiknya kita menggunakan oli yang berkualitas berdasarkan dengan spesifikasi bawaan oleh mobil yang kita miliki.

Usahakan untuk tidak menggunakan oli yang sangat murah, mungkin saja oli tersebut merupakan oli bekas yang telah didaur ulang. Apabila menggunakan oli bekas, hanya menempuh jarak sekitar 800 kilometer saja mesin mobil bisa langsung jebol. Untuk oli sendiri nyatanya memang harga mempengaruhi kualitasnya. Pada saat menggunakan oli yang memiliki kualitas baik yang juga sesuai dengan standarnya tentu dapat menjaga performa mesin mobil.

Iklim di Indonesia

Musuh yang terakhir ialah panasnya iklim yang ada di Indonesia yang merupakan negara tropis tentu berpengaruh pada beberapa komponen mesin mobil akan bekerja cukup keras.

Contohnya saja adalah oli, dimana oli juga harus didinginkan agar viskositasnya tak dapat berubah. Apabila oli tersebut terlalu panas dan penguapan terlalu banyak maka akan membuat temperatur dari mesin mobil menjadi lebih cepat panas sehingga berujung pada gejalan knocking.

Itulah mengapa pentingnya untuk selalu melakukan perawatan secara rutin pada kendaraan yang anda miliki baik itu dilakukan di bengkel resmi atau pun dibengkel spesialis yang telah dipercaya.

Untuk informasi seputar Berita Otomotif Terbaru lainnya hanya di laman Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here