Toolkit Apa Saja Yang Harus Dibawa Saat Melakukan Perjalanan Jauh Menggunakan Sepeda Motor
Toolkit Apa Saja Yang Harus Dibawa Saat Melakukan Perjalanan Jauh Menggunakan Sepeda Motor

Berita Pekanbaru – Melakukan perjalanan dengan menggunakan sepeda motor nyatanya cukup menyenangkan, terlebih jika jalur yang akan dilalui tersebut rawan macet. Dimana pengguna sepeda motor dapat memotong kendaraan lain seperti mobil atau pun bus yang lebih sulit untuk melakukan itu ditengah-tengah kemacetan. Oleh karena itu, kendaraan roda dua yang anda gunakan pun harus dalam keadaan yang prima, perlu membawa perbekalan seperti toolkit yang tak boleh ketinggalan dari daftar barang bawaan anda.

Ada beberapa alasan, mengapa toolkit itu perlu dibawa saat anda melakukan perjalanan menggunakan sepeda motor, dikarenakan peralatan tersebut tentu akan sangat membantu anda apabila saat di perjalanan terdapat komponen sepeda motor yang rusak atau pun bermasalah. Sehingga perjalanan yang seharusnya dilakukan dengan menyenangkan menjadi terhambat.

Berkut ini ada tips peralatan apa saja yang harus dipersiapkan sebelum anda melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor, selain itu suku cadang fast moving juga harus selalu ada baik itu busi, bohlam atau sambungan rantai.

Baca Juga : Suzuki Akhirnya Resmi Mengundurkan Diri dari Ajang MotoGP, Bagaimana Nasib Joan Mir?

Sangat disarankan untuk membawa toolkit dengan kualitas yang cukup baik, aman dan juga terpercaya. Dikarenakan apabila menggunakan toolkit sembarangan justru akan membuat baut menjadi dol atau slek sehingga bukan menyelesaikan masalah justru akan menambah masalah baru.

Berikuti ini merupakan toolkit standar yang harus dibawa ketika anda melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor, seperti :

Obeng

Obeng merupakan perkakas yang selalu dibutuhkan dalam membuka atau mengencangkan baut pada bodi sepeda motor atau pun komponen lainnya. Seiring dengan perjalanan yang dilakukan menyebabkan getaran mesin atu bahkan kondisi jalan yang rusak, baut yang terpasang pada sepeda motor dapat mengalami kendur sehingga harus segera dikencangkan kembali.

Kunci Busi

Yang satu ini merupakan perkakas bawaan yang sudah disediakan pada saat kita menerima unit sepeda motor yang baru kita beli. Kunci busi sendiri merupakan toolkit yang harus selalu ada pada sepeda motor, dikarenakan komponen pengapian pada sepeda motor mempunyai masa pakai atau bahkan terkadang kondisinya sudah tak lagi bagus.

Toolkit Apa Saja Yang Harus Dibawa Saat Melakukan Perjalanan Jauh Menggunakan Sepeda Motor
Toolkit Apa Saja Yang Harus Dibawa Saat Melakukan Perjalanan Jauh Menggunakan Sepeda Motor

Kunci Pas Ring

Umumnya as roda itu memiliki ukuran antara 17 dan 19 mm atau bahkan ada bagian lain yang menggunakan baut dengan ukuran 10 dan juga 12 mm pada bagian pengencangan rantainya.

Umumnya pabrikan sepeda motor akan menggunakan baut pada beberapa komponen dengan ukuran yang kian beragam, hal tersebut bertujuan agar dapat memudahkan para pemilik kendaraan atau bahkan mekanik bengkel dalam melakukan penyetelan.

Akan tetapi perlu dipahami terlebih dahulu ukuran dari baut dan juga mur yang akan anda gunakan serta dipahami bagian apa saja yang memang rawan terjadinya kendur atau bahkan perlu untuk diganti lebih sering sehingga kita dapat membawa toolkit yang memang kita butuhkan selalu.

Tang Kombinasi

Sebagai alat bantu, tang kombinasi mempunyai peran tersendiri. Baik itu untuk menjepit komponen pada sepeda motor seperti sambungan rantai atau ring dan juga klip pengunci mur. Alat yang satu ini juga memiliki fungsi untuk memotong sesuatu, contohnya saja ialah kawat tuas kopling yang terlalu panjang.

Pelumas Serbaguna

Selama dalam perjalanan menggunakan sepeda motor, tentunya kita akan melintasi berbagai macam kondisi jalan, baik itu jalan yang berdebu atau pun becek. Tentunya dari berbagai kondisi jalan tersebut kotoran akan dapat menempel pada beberapa komponen kendaraan yang kita gunakan sehingga dapat menghambat kinerjanya.

Komponen tersebut seperti tuas rem, baut dan mur, rantai atau bahkan tombol panel instrumen yang memang rawan terjadinya malfungsi seperti halnya macet sehingga harus segera dilumasi sehingga kinerjanya menjadi optimal kembali.

Apabila setiap komponen pengunci pada sepeda motor telah anda pahami serta dikenali juga berbagai perkakasnya secara tepat untuk anda gunakan. Selanjutnya hanyalah persiapan fisik yang harus anda miliki untuk melakukan sebuah perjalanan. Dan tentunya jangan lupa untuk selalu menjaga keselamatan dan juga keamanan saat berkendara.

Dapatkan informasi seputar Berita Otomotif Terupdate lainnya hanya di laman Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here