Gubri Syamsuar Terbitkan Instruksi dengan Bentuk Tim Penggunan Produk Lokal
Gubri Syamsuar Terbitkan Instruksi dengan Bentuk Tim Penggunan Produk Lokal

Berita Pekanbaru  – Gubernur Riau H Syamsuar saat menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI).

Kegiatan APSI ini digelar langsung di Bali, dibuka langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Ma’ruf Amin pada Selasa (10/5/2022).

Wapres Ma’ruf Amin mengajak seluruh pemerintah daerah agar dapat memberikan contoh dalam penggunaan produk dalam negeri, sehingga produk dari buatan Indonesia agar menjadi tuan di rumah sendiri.

“Para kepala daerah harus langsung menunjukkan komitmen dalam keberpihakan terhadap UMKM dalam upaya percepatan ekonomi nasional,” sebut Wapres Ma’ruf Amin.

Merespon hal ini, Gubernur Riau H Syamsuar menyampaikan langsung, bahwa pihaknya telah membuat instruktusi nomor : 90/INS/INDAGKOP UKM/2022. Instruksi ini ditujukan langsung kepada Bupati dan Wali Kota di wilayahnya.

Hal tersebut, kata Syamsuar, dengan tindak lanjut terhadap instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam percepatan peningkatan penggunaan produk dalam negeri dan produk usaha mikro, usaha kecil, dan koperasi.

Baca juga: Harga Sawit Riau Priode 11-17 Mei 2022, Pasca Libur Idul Fitri

“Instruksi ini juga diterbitkan, sekaligus guna menyukseskan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia pada pelaksanaan pengadaan barang/jasa Pemerintah,” kata Gubernur Riau Syamsuar, pada Rabu (11/5/2022).

Bahkan, Syamsuar juga mengaku, sudah membentuk Tim Peningkatan Penggunaan Produk Negeri (P3DN). Tim ini juga bertugas melakukan koordinasi, pengawasan, dan evaluasi pelaksanaan peningkatan penggunaan produk.

Pembina Tim P3DN Riau, adalah Gubernur, Bupati dan Wali Kota. Tim pengarahnya Sekda Provinsi Riau, Kepala BI Riau, Kepala OJK Riau, Kepala Kanwil Dirjen Perbendaharaan Riau, Ketua PHRI Riau, dan stakeholder lainnya.

“Di dalam susunan Tim P3DN Riau juga ada Tim Monitoring dan Evaluasi dan Tim Fasilitasi Perbedaan Penafsiran Tingkat Komponen Dalam Negeri,” sebut Syamsuar.

Syamsuar juga meminta agar pemerintah kabupaten dan kota menambahkan layanan pendaftaran bagi pelaku usaha sebagai penyedia barang/jasa pemerintah (SPSE dan SIKAP) pada mal pelayanan publik daerah.

“Termasuk juga layanan konsultasi pendaftaran sebagai merchant pada penyelenggara perdagangan melalui sistem elektronik,” ujarnya.

Ia juga mendorong percepatan produk dalam negeri dan produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi pada masing-masing daerah untuk tayang dalam katalog lokal atau toko daring.

Kemudian, ia juga menginstruksikan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk belanja produk dalam negeri melalui katalog lokal atau toko daring.

Kepada Tim P3DN Riau, Syamsuar menginstruksikan agar melakukan pemetaan produk dalam negeri yang diproduksi di daerahnya dan melakukan koordinasi dengan Tim P3DN pusat.

Simak juga berita lainnya, seputar topik berita riau terbaru di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here