Pulang Mudik? Bagian Kaki-Kaki Mobil Mengeluarkan Bunyi, Jangan Diabaikan Cek 4 Bagian Berikut ini
Pulang Mudik? Bagian Kaki-Kaki Mobil Mengeluarkan Bunyi, Jangan Diabaikan Cek 4 Bagian Berikut ini

Berita Pekanbaru – Selah melakukan perjalanan yang jauh, umumnya bagian kaki-kaki mobil akan mengeluarkan suara yang cukup aneh. Wajar saja, dikarenakan medan yang dilalui bisa saja tak selamanya mulus mengingat jaraknya juga yang jauh tentu akan menyiksa bagian tersebut.

Hal tersebut pula merupakan masalah yang kerap terjadi dan dirasakan oleh para pemilik mobil. Akan tetapi anda tidak perlu khawatir, cukup dengan melakukan pengecekan pada beberapa bagian kaki-kaki mobil apabila sudah terdengar suara yang aneh.

Long Tie Rod

Bagian pertama yang harus anda cek apabila terdengar bunyi tersebut ialah komponen tie road dan long tie road. Umumnya komponen yang satu ini bekerja sama dengan beberapa komponen lainnya yaitu rack end, ball joint dan tie road dimana fungsinya sendiri untuk memberikan gerakan yang selaras dengan kaki-kaki mobil juga setir.

Baca Juga : Daftar Harga Mobil Murah LCGC Toyota, Daihatsu Hingga Honda Periode Bulan Mei 2022 Di Pekanbaru

Pada saat melintasi jalanan yang rusak maka tie rod dan long tie akan mendapatkan beban yang cukup besar sehingga akan lebih berpotensi terjadinya kerusakan.

Terlebih lagi jika melakukan perjalanan jauh itu membawa barang atau penumpang yang banyak.

Shockbreaker

Komponen berikutnya yang harus diperiksa apabila kaki-kaki mobil mengeluarkan bunyi ialah bagian shockbreaker. Dimana tugas dari shockbreaker itu untuk meredam guncangan yang terjadi pada mobil.

Ketika mobil yang anda gunakan tersebut membawa beban yang berlebih, maka bagian shockbreaker akan menjadi cepat rusak. Apalagi jika mobil tersebut dalam keadaan terisi penuh muatan kemudian dipaksa untuk melintasi jalanan yang rusak menggunakan kecepatan yang cukup tinggi.

Biasanya komponen yang satu ini kan mengalami kebocoran, sehingga peredaman yang dihasilkannya pun akan menjadi tidak maksimal. Apabila hal tersebut sudah terjadi, maka satu-satunya cara yang harus dilakukan ialah service atau menggantinya dengan yang baru.

Bushing

Jangan lupa untuk mengecek bagian busing yang berada di mobil anda. Umumnya bushing-bushing tersebut terdiri dari karet yang memiliki fungsi sebagai penahan getaran yang ditimbulkan oleh ban dan juga mesin mobil. Bushing seperti bushing stabilizer, arm umumnya akan lebih sering mengalami kerusakan apabila mobil yang digunakan sering menghantam lubang.

Apabila hal tersebut dibiarkan dalam waktu yang cukup lama, tentunya bagian kaki-kaki mobil akan mengeluarkan suara yang cukup keras sehingga mobil anda pun menjadi tidak nyaman untuk dikendarai.

Racksteer

Untuk komponen yang terakhir yang wajib untuk dilakukan pengecekan ialah racksteer. Racksteer sendiri merupakan penghubung antara kemudi dengan bagian suspensi dan roda.

Apabila mobil yang anda gunakan sering menghantam luban, tentu akan membuat racksteer harus bekerja lebih ekstra keras sehingga menjadi mudah rusak. Dan salah satu ciri dari racksteer yang rusak ialah putaran setir yang akan terasa lebih berat sehingga terdengar suara jika mobil sedang berjalan.

Tak hanya itu, pada bagian bawah mobil juga terdapat kebocoran oli dan apabila kerusakan pada bagian racksteer itu sudah cukup parah. Perbaikan komponen yang satu ini pun cukup mahal.

Sebagai informasi tambahan, untuk melakukan perbaikan racksteer tersebut sekitar Rp. 2 jutaan hingga mencapai belasan juta rupiah tergantung dari mobil apa yang anda miliki. Apabila dilihat dari biaya tersebut, perbaikan racksteer yang rusak ternyata memakan biaya yang paling mahal jika dibandingkan dengan perbaikan komponen yang lainnya.

Apabila mobil kesayangan anda mulai terdengar suara yang aneh pada bagian kaki-kakinya setelah digunakan untuk melibas perjalanan yang jauh, sangat disarankan untuk segera lakukan pemeriksaan dan jangan diabaikan. Karena jika dibiarkan begitu saja, kerusakan pun akan terjadi pada komponen-komponen yang lainnya sehingga biaya yang harus dikeluarkan pun semakin mahal.

Dapatkan informasi seputar Berita Otomotif Terbaru lainnya hanya di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here