Dangmerdu – Lebaran 2022 yang dinanti telah dekat, momen ini biasanya dilakukan masyarakat dengan mudik pulang ke kampung halaman.

Angkutan umum adalah salah satu pilihan bagi sejumlah pemudik, yaitu kendaraan bus. Ada sekitar 39,4 juta pemudik yang akan menggunkan bus, kereta api, kapal laut dan pesawat sebagai angkutan umum, hasil survey dari Balitbang ( Badan Litbang ) Kementerian Perhubungan ( Kemenhub ).

Kurnia Lesani Adnan sebagai ketua Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOM) mengatakan bahwa antusias masyarakat di nilai cukup tinggi pada momen mudik lebaran 2022 ini, terlihat dari penjualan tiketnya.

Ia juga menuturkan, penjualan dari tiket bus untuk H-10 rute jarak jauh Sumatera dan Jawa, telah penuh. Dan rute untuk satu pulau jarak dekat dan menengah pada H-7 sudah penuh. Jawa Tengah adalah tujuan favorit masyarakat untuk rute di Pulau Jawa, ungkapnya.

Bila kamu berencana menggunakan bus untuk mudik, ada beberapa barang yang harus kamu bawa. Agar nantinya perjalanan kamu bisa aman dan nyaman walau menempuh jarak jauh.

Beberapa barang wajib dibawa untuk mudik menggunkan bus

Baca juga : 4 Trik Mempersiapkan Biaya Liburan Yang Ngak Bikin Mumet

1. Uang Tunai

Selama perjalanan kamu sebaiknya menyiapkan uang tunai, dan demi faktor keamanan bagi penumpang bawalah secukupnya saja.

Saat bus istirahat berhenti di rumah makan, uang tunai tersebut paling tidak cukup buat beli makanan dan minuman. Oleh karena itu kamu perlu menghitung berapa estimasi pengeluaran yang diperlukan saat diperjalanan mudik naik bus.

2. Tiket Bus

Hal utama yang harus kamu bawa selama perjalanan ialah tiket bus. Tak jarang banyak dari penumpang yang kerap lupa membawa tiket bus, meskipun penting dan telah dibelinya jauh hari sebelum keberangkatan.

Penting buat kamu yang ingin membeli tiket agar membelinya hanya pada channel resmi saja, agar harga tiket yang didapat dengan wajar. Biasanya saat mendekati lebaran, tidak sedikit oknum calo menawarkan tiket dengan harga sangat tinggi.

Belilah lansung ke agen resmi PO bus, atau datang ke pool perusahaan otobus (PO) bus. Dan guna mengantisipasi kehabisan tiket, jangan beli tiket saat mendekati hari H keberangkatanmu.

3. Perlengkapan prokes Covid-19 dan obat pribadi.

Karena perjalanan mudik memubutuhkan durasi waktu yang cukup lama, maka obat-obatan pribadi wajib dibawa oleh penumpang. Khususnhya bagi mereka yang mempunyai riwayat sakit guna mencegah saat kambuh sewaktu-waktu.

Mudik menaiki bus tentunya berbeda dengan mobil pribadi, bus tidak dapat berhenti sembarangan. Makanya sebaiknya kamu selalu bawa obat-obatan ringan, misalnya obat sakit kepala, obat anti mabuk, obat pegal dan masuk angin.

Pada masa pandemi ini kamu juga mesti membawa perlengkapan prokes Covid-19, dengan membawa masker, tisu basah, tisu kering dan hand sanitizer.

4. Pengisi daya baterai HP

Barang yang tidak boleh ketinggalan lainnya ialah power bank untuk mengisi baterai HP. Sebelum berangkat kamu pastikan dulu power bank telah terisi penuh, karena berbahaya mengisi baterai power bank didalam bus yang resikonya dapat memicu kebakaran.

Hal ini kamu lakukan untuk mengantisipasi kehabisan baterai ponsel bila dijalan terjadi kemacetan yang panjang. Perjalanan mudik sering terjadi hal yang diluar perkiraan, maka kamu harus bawa power bank.

5. Baju nyaman di badan

Mengingat perjalanan mudik yang berdurasi waktu lama, penumpang sebaiknya mengenakan pkaian yang nyaman. Contohnya seperti jacket agar kamu tidak kedinginan saat perjalanan di malam hari.

6. Makanan dan minuman

Perjalanan mudik yang sering diluar perkiraan, sebaiknya kamu juga mempersiapkan bekal perjalanan seperti membawa makanan dan minuman. Dan ini guna antisipasi agar kamu tidak kelaparan bila bus harus terjebak macet yang sangat panjang.

7. Nomor penting

Kamu juga harus mencatat nomor penting, misalnya untuk pengaduan penting. Hubungi nomor itu bila terjadi permasalahan saat dalam perjalanan mudik.

Itulah 7 barang penting yang mesti kamu bawa saat mudik lebaran 2022. Dapatkan berita travel terupdate lainnya hanya di Dangmerdu.com

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here