Berita Pekanbaru Terupdate – Fotografi berasal dari kata serapan bahasa yunani yaitu “photos” dan “graphos”. Sebuah karya foto tak bisa dihasilkan tanpa mempergunakan sevuah cahaya.

Sehingga pembentukan suatu gambar tersebut melalui sebuah kamera, alat ini mendistribusikan cahaya ke suatau bahan yang peka atau sensitif terhadap cahaya yang disebut film.

Pada umumnya pengertian fotografi bukan hanya terbatas dari definisi perkata saja, akan tetapi dalam cakupan yang sangat luas lagi fotografi bisa diartikan sebagai suatu proses pengambilan gambar dengan menggunakan media kamera, teknik, penciptaan gaya dan kemudian bisa mengubahnya ke dalam sebuah gambar.

Secara garis besar fotografi merupakan sebuah seni yang mengambil suatu gambar dengan cara menggunakan kamera, walupun anda menempatkan fotografi tersebut sebagai hobi dan tidak untuk didalami secara profesional.

Maka sebaiknya anda harus memehami dasar-dasar dari fotografi yaitu :

Baca juga : Cara Jitu Mempersiapkan Dana Buat Liburan Tanpa Menguras Kantong

  • Komposisi

Komposisi yaitu pengaturan suatu objek yang akan diambil gambarnya, selain itu ada juga sebuah aturan bernama the rule of thirds yang bisa membuat anda harus membayangkan suatu bingkai berbentuk persegi panjang menjadi sembilan bagian yang berukuran sama.

Anda juga membutuhkan garis-garis horizontal dan vertikal dari bayangan yang kemudian diselaraskan dengan objek utama supaya komposisi tampak lebih seimbang dan estetis.

  • Cahaya

Cahaya merupakan salah satu yang mesti benar-benar anda pahami kalau ingin memotret, karena fotografer harus tau seberapa banyak cahaya dan arah cahaya yang dapat mempengaruhi hasil dari foto.

Selain itu arah datangnya cahaya bisa menentukan distribusi bayangan pada foto.

  • Tekstur

Tekstur adalah suatu kebutahan dari sebuah foto yang membutuhkan kecermatan oleh si pengambil foto, tekstur melibatkan foto berupa kompleksitas di permukaan sepotong kain atau kayu yang bermotif yang seolah-olah dapat disentuh setelah foto diambil.

  • Garis

Di dalam sebuah gambar, garis membimbing mata fotografer supaya memperhatian sekitaran objek, sehingga bisa menghasilkan suatu gambar yang sangat menarik. Contohnya garis yang tak sama dapat dianggap sebagai penyampaian suasana dari hati yang berbeda.

Selain itu garis horizontal yang berarti stabilitas, sedangkan vertikal merupakan kekuatan, kekuasaan, dan pertumbuhan. Sementara diagonal dapat menyampaikan dinamisme dan suatu tindakan.

  • Kedalaman

Kedalaman merupakan suatu penciptaan rasa tiga dimensi di dalam sebuah foto, selain itu kedalaman tersebut bisa diciptakan dengan mengatur fokus, pembingkaian dan sudut pandang.

Fokus sering melibatkan banyaknya zoom pada bermacam objek tertentu. Sehingga hal tersebut akan tampak begitu bening, sementara di sekelilingnya menjadi buram.

Sementara pembingkaian ini melibatkan identitas suatu objek yang tampak begitu dekat walaupun sebenarnya sangat jauh.

  • Titik Pandang

Dasar memotret selanjutnya yaitu dari titik pandang di posisi foto yang diambil, titik pandang yang berbeda-beda di antara fotografer bisa menghasilkan suatu foto dan persepsi yang bermacam-macam.

Sedangkan hasil foto dari titik pandang rendah yang dominasi, otoritas dan kekuatan dan sebaliknya jika titik pandang yang tinggi dapat menyampaikan kelemahan dan kerentanan.

  • Bentuk dan Pola

Ada tiga jenis dari aspek yang sangat mendukung bentuk dan pola yakni ritme, segitiga, dan simetris.

Ritme merupakan suatau bentuk foto yang diulang-ulang, kemudian segitiga terbentuk di dalam sebuah foto dari sebuah garis diagonal, sedangkan simetris yaitu sebuah foto yang di ambil dari dua sisi yang berbeda-beda.

Sehingga adanya bentuk dan pola bisa membuat foto tampak sangat menarik.

Demikianlah artikel berita photography terkini mengenai dasar-dasar fotografi secara umum yang perlu anda ketahui, dari artikel di atas anda dapat memahami dengan baik apa saja dasar dari fotografi tersebut. Selain itu anda dapat mendalami fotografi dengan sering memotret bermacam objek.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here