Dangmerdu – Walaupun perbedaan kedua istilah tersebut tidak terlalu kontras, masih banyak sekali orang yang tidak tau perbedaan antara fotografer dan fotografi tersebut.

Persoalan ini tidaklah mengherankan sebab tidak semua orang harus tahu perbedaannya terlebih lagi bagi orang-orang yang masih awam di dalam dunia fotografi.

Dengan begitu pengertian tersebut perlu untuk dijelaskan baik itu secara pasti atau tidak karena masyarakat awam sudah tidak binggung lagi tenetang perbedaan keduanya.

Pada umumnya fotografi dan fotografer merupakan dua hal yang tidak akan pernah dapat dipisahkan antara satu dengan yang lainnya untuk tujuan apapun, artinya dua istilah tersebut merupakan satu kesatuan yang tanpa hal itu manusia tidak akan bisa melihat citra atas sesuatu di dalam bentuk foto termasuk dengan dirinya sendiri.

Selain itu bagi anda yang tidak tau perbedaan di antara fotografer dan fotografi di artikel ini Dangmerdu hendak mengulas perbedaan kedua istilah tersebut.

Perbedaan Fotografer dan Fotografi

Memperpertanyakan kedua perbedaan diatas secara tak langsung hendak mempertanyakan tentang pengertian fotografer dan fotografi tersebut.

Sebelum mengetahui perbedaan yang utama yang wajib untuk anda ketahui adalah definisi atau pengertiaannya, dari hal itulah anda dapat tau dimana letak perbedaan keduanya. Tentunya anda penasaran bukan?

Apa itu fotografer?

Yang dimaksud dengan fotografer sering merujuk pada istilah yang dimana orang-orang dapat mengambil foto dengan menggunakan kamera. Pada Kamus Besar Bahasa Indonesia fotografer memiliki empat kata sinonim yaitu:

Baca juga : Tips Berliburan Yang Nyaman dan Aman Bersama Anak-Anak

  • Tukang foto
  • Juru potret
  • Tukang potret
  • Pemotret, dan
  • Fotografer itu sendiri

Dengan hal itu fotografer merupakan sekelompok orang atau seseorang yang sering menganbil foto dengan menggunakan kamera, yang artinya fotografer tersebut tidak merujuk pada suatu subjek tunggal saja seperti sesuatu atau aku yang bersifat pronomina subjek.

Terkadang fotografer tersebut merujuk pada satu,dua atau tiga orang bahkan lebih yang sedang melakukan suatu kegiatan melukis cahaya.

Selain itu kegiatan dalam melukis cahaya ini merupakan satu-satunya cara untuk menerapkan ilmu dari fotografi secara langsung menggunakan alat-alat penangkap cahaya.

Dengan kata lain fotografer yaitu seseorang atau sekelompok orang yang sering mengaplikasikan atau menerapkan ilmu dari fotografi dalam kehidupan nyata.

Sedangkan secara garis besarnya fotografer merupakan orang yang bertugas dalam mengambil foto suatau objek seperti alam, manusia, dan sebagainya.

Contohnya seorang astronom yang memiliki tugas dalam mengambil foto nebula atau benda-benda luar angkasa yang lainnya dengan memakai teleskop bisa juga disebut fotografer.

Sebab sang astronom dalam kegiatannya selalu menghasilkan satu foto bahkan lebih, maka dengan begitu ia layak menyandang predikat sebagai seorang fotografer. -Apa itu fotografi?

Fotografi merupakan ilmu yang secara khusus untuk mempelajari seni yang bisa menangkap cahaya dengan mempergunakan suatu perangkat yang dikenal dengan kamera, sebab tanpa kamera kegiatan fotografi tersebut tidak akan pernah ada.

Sehingga sejarah tentang penemuan kamera yaitu sejarah yang sangat panjang dimulai dari kesadaran tentang adanya suatu fenomena optik alami yang terjadi karena sinar ultraviolet.

Dari hal inilah para ilmuan dan filsuf mulai menciptakan alat yang berbentuk kotak dan bisa menampilkan refleksi terbalik dari suatu objek, pada saat itu kotak tersebut diberi nama kamera lubang jarum.

Kamera lubang jarum tersebut dikenal dengan nama kamera obscura, selain itu kamera obscura cikal bakal jadi Daguerreatype, kodak sampai kamera modern yang ada pada saat ini.

Secara definitif fotografi merupakan kata serapan yang berasal dari Bahasa Inggris yaitu “photography”, selain itu kata photography juga kata serapan dari gabungan dua kata yunani yakni:

  • Photos yang artinya cahaya, dan
  • Graphos yang artinya melukis dan menulis

Dengan begitu fotografi secara garis besarnya merupakan suatu kegiatan melukis atau menulis cahaya, supaya terdengar srek maka bisa disebut sebagai seni melukis cahaya dengan menggunakan kertas yang peka terhadap cahaya atau film.

Demikianlah artikel berita photography terkini tentang perbedaan antara fotografer dan fotografi yang bisa anda ketahui terutama bagi anda pemula, dari artikel tersebut anda bisa lebih memahami apa perbedaan diantara fotografer dan fotografi secara mendalam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here