Cara Ampuh dan Mudah Bersihkan Sofa

Dang Merdu – Sofa adalah salah satu furniture rumah tangga yang bisa digunakan untuk tempat duduk. Keberadaan sofa biasanya juga terletak diruang tamu, dan akan semakin menambah cantik tampilan ruang tamu pada umumnya.

 

Namun tidak sedikit pula diantara pemilik sofa ini jarang melakukan perawatan terhadap sofa yang dimiliki. Sehingga akan menimbulkan kuman yang akhirnya bisa menjadi sumber penyakit bagi tubuh. Nah pada artikel ini kami dari  Dangmerdu akan memberikan tips dan trik ampuh untuk Anda dalam membersihkan sofa, sebelumnya kami akan memberikan beberapa masalah yang akan timbul jika jarang melakukan perawatan pada sofa, antara lain :

 

 

Masalah pernapasan

Sofa dapat menjadi tempat berkumpulnya debu dan kotoran. Remah-remah makanan, bulu hewan peliharaan, dan sel-sel kulit mati yang menumpuk di sana adalah sumber makanan untuk organisme mikroskopis dan tungau debu.

 

 

Alergi

Ketika alergen yang menempel di sofa terhirup oleh penderita alergi, maka bisa timbul sejumlah reaksi, seperti pilek, mata merah, bersin, atau batuk.

 

Masalah kulit

Karena jarang dijemur ataupun dibersihkan, kain sofa bisa menjadi lembap. Hal tersebut bisa memicu pertumbuhan jamur. Akibatnya, terdapat bintik-bintik hitam pada sofa, dan berbau apek.

 

Cara mudah dalam membersihkan sofa :

 

Menggunakan vacuum cleaner

Anda dapat membersihkan sofa menggunakan vacuum cleaner. Alat ini dapat menyedot debu dan kotoran yang menempel di sofa hingga ke sela-selanya.

 

Gunakan vacuum cleaner berjenis handheld agar bisa menjangkau seluruh area sofa, seperti bagian lengan sofa, dudukan, celah-celah sempit, ataupun bantal yang menyertainya.

 

Menggunakan sikat sofa

Cara membersihkan sofa selanjutnya adalah menggunakan sikat sofa. Sikat ini dapat membantu menghilangkan kotoran dan debu yang menempel di permukaan sofa.

 

Baca juga : Wajib Siapkan Hal-Hal Ini Sebelum Lakukan Vaksin Booster Covid-19!

 

Menggunakan deterjen

Anda dapat menggunakan deterjen untuk membersihkan noda di sofa berbahan kain, seperti noda makanan atau pewarna.

 

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memindahkan sofa ke tempat yang nyaman untuk dibersihkan, misalnya halaman rumah.

 

Siapkan deterjen, spons, dan wadah yang akan digunakan untuk membersihkan sofa. Buat larutan yang terdiri dari 1 sendok teh (sdt) deterjen, dan 2 gelas air. Lalu, gosokkan larutan tersebut pada noda menggunakan spons, tetapi jangan sampai terlalu basah.

 

Setelah noda hilang, seka dengan air bersih untuk menghilangkan deterjen dan gunakan lap untuk mengeringkannya. Anda juga dapat menjemurnya di bawah sinar matahari untuk menghilangkan kelembapan berlebih.

 

Sementara itu, cara mencuci sofa berbahan kulit sebaiknya menggunakan pembersih khusus untuk kulit supaya lebih efektif dan tidak merusak bahannya.

 

Menggunakan cuka

Selain menggunakan deterjen, cara membersihkan sofa kain juga bisa dilakukan dengan cuka putih untuk mengatasi noda-noda membandel.

 

Cukup campurkan 1 cangkir air hangat dan 1 cangkir cuka putih. Lalu, usap-usapkan larutan pada noda di sofa menggunakan lap atau sikat lembut. Jangan menggosoknya karena dapat menyebabkan noda menyebar.

 

Menggunakan baking soda

Cara membersihkan sofa dengan baking soda cukup mudah dilakukan.

 

Campurkan larutan baking soda untuk membersihkan area noda yang dalam. Setelah baking soda menyerap noda sepenuhnya, bersihkan dengan menggunakan sikat.

 

Menaburkan baking soda ke seluruh sofa bahkan dan menghilangkan bau dan noda lebih lanjut.

 

Menjaga sofa tetap kering

Cara membersihkan sofa yang tak kalah penting adalah menjaganya tetap kering.

 

Anda dapat meringankan sofa dengan handuk lembut, kemudian tepuk-tepuk area sofa menggunakan handuk kering untuk menyerap sisa kelembapan.

 

Menjaga sofa tetap kering dapat mencegahnya dari pertumbuhan jamur ataupun kuman lainnya.

 

Baca Berita Seputar Nasional Lainnya di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here