Bagaimana Nasib Hatchback, Seiring Makin Digemarinya Mobil SUV
Bagaimana Nasib Hatchback, Seiring Makin Digemarinya Mobil SUV

Berita Pekanbaru – Belakangan jenis mobil SUV tengah naik daun di berbagai belahan dunia. Para produsen pun menyambutnya dengan menghadirkan berbagai model SUV. Bagaimana dengan nasib SUV, mobil dengan jenis hatchback justru kian meredup. Bahkan ada beberapa pabrikan yang justru memilih untuk tak lagi melanjutkan penjualan jenis hatchback.

Contohnya saja di India, dari sejumlah produsen telah memutuskan untuk tak lagi menjual mobil jenis hatcback di negara Bollywood tersebut. Seperti Nissan yang pada akhir bulan lalu telah menarik penjualan hatchback Datsun dan Volkswagen pun juga memproduksi Polo untuk yang terakhir kali. Sedangkan Honda Jazz sendiri telah dikabarkan akan hengkang dari India pada tahun depan.

Untuk pasar hatchback di India hingga kini masih didominasi oleh Maruti Suzuki, Tata Motors dan Hyundai Motor India. Sementara untuk produsen mobil lainnya dikatakan telah beralih pandangannya yang kini lebih memilih untuk melahirkan mobil SUV. Hingga penjualan mobil SUV semakin besar berbeda dengan hatchback dan juga mobil berukuran kecil lainnya yang kian menurun.

Baca Juga : Pengertian Sunmori dan Istilah-istilah Lainnya Yang Sering Digunakan Para Rider

Ada yang berpendapat jika mobil hatchback kini sudah ketinggalan zaman, beberapa wilayah di dunia juga ada yang telah kehilangan beberapa modelnya. Sehingga tak masuk di akal untuk para produsen mobil berinvestasi kembali melahirkan hatchback.

Konglomerat di industri otomotif India pun setuju dengan anggapan tersebut. Setelah Nissan menghadirkan Datsun untuk negara India pada bulan Januari 2014, merek yang berasal dari Jepang tersebut lalu mengunjungi Indonesia, Afrika Selatan dan juga Rusia. Dengan hadirnya Datsun kala itu dapat dikatakan telah memenuhi ekspektasi dari para pembeli mobil pertama. Jadi tak heran jika Datsun dapat memproduksi hingga 470.000 unit mobil hanya dalam kurun waktu tujuh tahun belakangan ini. Akan tetapi, penjualan Datsun kian merosot. Di Indonesia saja Nissan dikabarkan tak lagi melanjutkan penjualan berbagai mobil Datsun.

Meski demikian, juru bicara dari Nissan mengatakan jika penghentian produksi Datsun ternyata adalah bagian dari strategi transformasi global.
Dimana jumlah model hatchback di India kian merosot, seperti yang diketahui pada tahun fiskal 2017 untuk jumlahnya saja ada 31 model sedangkan pada tahun 2022 jumlahnya yang berkurang hanya berkisar 19 model saja.
Saat ini SUV benar-benar dinilai sebagai salah satu model yang memang mampu memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap penjualannya. Perkembangan untuk penjualan SUV juga semakin meningkat tajam yang semula hanya 25% saja kini menjadi 50%. Secara global saja, mobil kini semakin besar di India saja masyarakatnya rela melakukan pembelian mobil dengan model premium dengan suku bunga yang rendah serta pembiayaan yang cukup mudah.

Untuk pasar hatchback penjualannya sendiri tak akan berubah begitu banyak walaupun ada fluktuasi. Hatchback hanya akan mengisi sepertiga dari total keseluruhan pasar otomotif di negara India. Sehingga sudah cukup jelas jika segmen tersebut tidak akan dapat bergerak lebih jauh lagi.

Penjualan Mobil Hatchback Paling Laris 2021 di Indonesia

Berdasarkan dari data wholesales mobil pada tahun 2021 yang telah dirilis Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), telah tercatat bahwa hatchback terlaris hanya terjual sebanyak 9.642 unit yaitu Honda City Hatchback.

Kemudian disusul oleh Toyota Yaris yang menduduki peringkat ke dua yang berhasil mencatat penjualan sebanya 6.819 unit. Kedua mobil tersebut berhasil merajai pasar hatchback domestik dikarenakan adanya relaksasi PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah) yang diberikan oleh pemerintah sejak bulan Maret 2021.

Di urutan ketiga di duduki oleh Suzuki Baleno yang diimpor secara langsung CBU (Completely Build Up) dari India dengan perolehan penjualan sebanya 2.724 unit saja.

Di posisi ke empat yaitu Honda Jazz yang telah disuntik mati pada awal tahun lalu. Sebelum City Hatchback, Honda Jazz masih bisa mencatat penjualannya sebanyak 897 unit di dua bulan pertama tahun 2021.

Di peringkat paling bawah ada Mazda2 dan juga VW Polo yang mampu menjual unitnya sebanyak 390 dan juga 69 unit saja.

Dapatkan informasi seputar Berita Otomotif Terupdate lainnya hanya di laman Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here