Dangmerdu – Memotret adalah suatu kegiatan yang sangat menyenangkan bagi banyak orang. Tak jarang sekali mereka sampai mau berpanas-panasan untuk terjun langsung ke lapangan hanya demi untuk mendapatkan komposisi sebuah foto yang sesuai dengan keinginan.

Pada dasarnya suatu foto tersebut mempunyai objek dan subjek sebagai komponen utama, jika anda tertarik untuk menggunakan manusia menjadi subjek utamanya. Maka hal tersebut didefinisikan sebagai fotografi human interest.

Secara garis besarnya human interest merupakan suatu potret yang pusat utamanya adalah aktivitas dan prilaku dari manusia, serta mengambarkan suasana hingga perasaan dari orang tersebut agar mendapatkan simpati dari orang yang melihatnya. Hal tersebut dapat anda pelajari lebih lanjut lagi, karena Dangmerdu telah rangkum hal tersebut sebagai berikut ini.

Di dalam aliran jenis fotografi ini, fotografer sering menggunakan rasa dan keresahan pribadinya yang kemudian divisualkan dengan secara menarik. Komponen utama dari human interest ini merupakan manusia yang kemudian dikomposisikan dengan latar tempat supaya tercipta sebuah sentuhan tersendiri atau bisa juga dibilang foto tersebut punya cerita masing-masing.

Oleh karena itu para fotografer dengan spesialisasi jenis-jenis dari fotografi ini sering menampilkan manusia dari bermacam profesi, busana, jenis kelamin,serta masih banyak lagi elemen-elemen lainnya. Dari semua elemen-elemen tersebut dipertegas dan di kombinasikan dengan momen-momen yang cocok hingga dapat tercipta sebuah karya dari foto yang sangat istimewa.

Ciri-Ciri Fotografi Human Interest

Pada umumnya tak ada suatu patokan yang benar-benar pekam mengenai aliran tersebut, yang inti utamanya yaitu di setiap cerita yang akan di sampaikan dari setiap momen-momen tersebut harus bisa tersampaikan dengan baik.

Meskipun tidak mempunyai suatu aturan yang dapat mengikat, akan lebih baik lagi kalau anda bisa mengetahui ciri-ciri secara umum mengenai apa saja yang berkaitan dengan fotografi tersebut seperti :

Baca juga : Tips- Tips Cermat Mempersiapkan Dana Untuk Berliburan Bersama Keluarga

1.Manusia sebagai Subjek Utamanya
Ciri-ciri yang pertama yaitu manusia sebagai subjek utamanya, selain itu ciri-ciri yang dapat membedakan hal tersebut dengan jenis fotografi yang lainnya. Seorang fotografer harus bisa menghasilkan suatu foto yang dapat bercerita. Karena itu selain manusianya sendiri, fotografi jenis ini harus didukung dengan situasi dan unsur-unsur yang ada di lingkungan frame potret.

2.Menumbuhkan Rasa Empati dan Simpati
Hal ini sangat berkaitan dengan pesan yang ingin disampaikan melalui suatu foto, seperti dari gestur, ekspresi bahkan dari reaksi yang tertangkap oleh kamera wajib bisa menimbulkan rasa empati dan simpati dari penikmat foto tersebut.

Selain itu emosi yang dapat terlihat dari manusia di dalam frame foto tersebut adalah suatu poin terpenting dari fotografi human interest. Bagaimana sobat, apakah anda pernah merasakan suatu emosi seperti itu diwaktu anda melihat karya foto dari jenis ini?

3.Natural
Natural juga menjadi salah satu ciri-ciri dari jenis fotografi human interest, yang dimaksud dengan natural yaitu bisa menampilkan manusia dari kehidupan sehari-hari dengan situasi momen-momen yang sangat natural alias tidak disetting terlebih dahulu.

Hal ini dimaksud agar ekspresi dan reaksi suatu subjek yang tidak terkesan kaku dan tidak dibuat-buat. Oleh karena itu anda perlu selalu memastikan dan menjaga subjek tidak bereaksi dengan keadaan anda, bahkan sampai suatu subjek tidak menyadari kalau adanya kamera yang sedang membidik kepadanya.

Demikianlah artikel berita photography terkini tentang 3 ciri-ciri human interest yang bisa anda ketahui,dari artikel ini anda bisa lebih mendalami jenis fotografi human interest tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here