Dangmerdu – Banyaknya kegiatan pasti membuat anda ingin pergi berliburan dan menikmati liburan yang panjang, entah itu sendiri atau bersama dengan keluarga tercinta. Dengan padatnya jadwal pekerjaan sehari-hari pastinya membuat anda tidak leluasa untuk pergi berlibur.

Apalagi kalau kesempatan cuti sudah habis terpakai serta simpanan uang sudah habis dipergunakan untuk memenuhi keperluan yang lainnya. Selain itu anda dapat memanfaatkan akhir pekan, tanggal merah bahkan sampai dengan momen pergantian tahun untuk berlibur.

Kepengennya setiap tahun memiliki jadwal khusus untuk bisa bersantai jauh-jauh hari dan jauh dari kesibukan pekerjaan sehari-hari, akan tetapi bagaimana dengan budget?

Berikut ini Dangmerdu telah merangkum beberapa tips agar anda dapat berlibur setiap tahun yaitu sebagai berikut: 

  • Menyusun rencana perjalanan 

Cobalah terlebih dahulu untuk membuat rencana perjalanan yang sangat rinci dan terarah, selain itu mulailah dari waktu sampai kegiatan apa saja yang akan dilakukan pada saat liburan nanti yaitu: 

Baca juga : Tips Simple Agar Menghasilkan Foto Profesional

  1. Menentukan Waktu Liburan

    Jika ingin melakukan liburan sebaiknya anda menentukan tanggal yang tepat supaya anda tidak diburu deadline atau aktivitas yang lainnya.

    Dengan mengetahui jumlah tanggal liburan, maka anda dapat menentukan kembali hal-hal seperti berikut ini:

    Tempat Wisata yang ingin dituju
    Waktu kebereangkatan dan waktu pulang
    Persiapan saat liburan
    Budget saaat liburan

    Dengan mengetahui kapan tanggal liburan yang anda inginkan,sehingga persiapan anda akan sangat maksimal serta liburan pun akan jadi lebih terarah dengan baik.

    Selain itu tiket transportasinya pun dapat anda persiapkan dari jauh-jauh hari, sehingga tidak perlu khawatir kalau kehabisan tiket dan jika hal itu sampai terjadi anda dapat mencari alternatif lain yang bisa anda gunakan pada saat menuju ke lokasi liburan.

  2. Menentukan Tempat Wisata Untuk Berlibur

    Hal selanjutnya adalah anda harus menentukan tempat wisata yang ingin anda tuju untuk berliburan.

    Kalau anda mempunyai hari libur sekitar satu minggu lebih, maka anda dapat berlibur ke luar kota seperti keluar pulau atau bahkan sampai keluar negri. Tak ada yang melarang anda untuk bisa pergi jauh dari tempat asal anda.

    Akan tetapi sebaliknya kalauwaktu yang anda punya hanya sebentar dalam hitungan hari, anda tetap bisa berliburan meskipun hanya mengunjungi tempat wisata yang tidak jauh dari tempat tinggal anda.

    Selain itu anda dapat staycation, ke pantai, atau hanya mengunjungi tempat wisata yang sangat menyenangkan yang ada di wilayah anda.

  3. Merangkum Itinerary Anda

    Setelah mengetahui tempat wisata dan waktu liburan maka saat anda bisa merangkum itinerary dengan cara:

  • Cari tahu terlebih dahulu mengenai informasi tempat wisata yang ingin anda kunjungi kemudian catat. 
  • Buatlah timeline untuk liburan anda serta biaya yang dibutuhkan nantinya. Cobalah untuk menjabarkan secara lengkap dan jelas supaya di setiap kegiatan anda selama liburan dapat terarah. 
  • Rencanakan budget anda, mulai dari konsumsi, transportasi hingga biaya-biaya yang tak terduga lainnya.

    Dengan menyusun hal tersebut, maka liburan anda akan sangat terstruktur dan anda akan sangat merasa nyaman untuk menjalaninya.

  • Mempersiapkan Budget

Setelah anda menyusun rencana perjalanan dengan sangat baik, maka selanjutnya anda harus melakukan persiapan budget untuk merealisasikan itinerary tersebut.

Salah satunya yaitu termasuk dalam menyediakan dana darurat yang apabila terjadi sesuatu di luar dugaan sehingga membutuhkan dana untuk bisa menyelesaikannya.

Berikut ini merupakan beberapa langkah yang dapat anda terapkan supaya dapat pergi berlibur di setiap tahunnya yakni:

  1. Hemat

    Jika rencana anda sudah sangat matang dan nominal biaya dalam perjalanan liburan sudah anda tentukan.

    Maka sekarang bagaimana caranya agar nominal tersebut dapat terpenuhi. Berhemat adalah salah satu cara alternatif yang dapat anda lakukan untuk bisa mencapai target budget anda.

    Supaya dapat berhemat, anda harus mengusahakan untuk selalu membedakan biaya untuk keperluan sehari-hari dengan biaya yang lain di khususkan untuk keperluan lainnya yang tidak terlalu mendesak.

  2. Menabung

    Menabung merupakan cara yang sangat efektif untuk bisa mengunpulkan dana dengan sangat cepat. Sederhananya cobalah mulai menabung dengan uang bisa anda hemat, seperti anda dapat menyisihkan 20% uang dari pendapatan anda agar bisa ditabung.

    Kalau pendapatan ritun anda misalnya Rp.6.000.000/bulan maka anda akan bisa menabung sebesar Rp. 1.200.000/bulan.

    Sehingga jika budget yang anda butuhkan untuk liburan sebesar Rp.5.000.000, maka anda bisa menabung sekitar 4-5 bulan agar uangnya dapat terkumpul untuk berlibur anda.

  3. Berinvestasi

    Agar mencapai suatu target keuangan serta termasuk biaya untuk berliburan, dengan cara menabung tetap perlu anda lakukan.

    Nilai uang yang ada di tabungan bisa saja terkuras secara perlahan, apalagi kalau anda selalu menggunakan jasa perbankan sehingga terdapat biaya administrasi tambahan yang harus dikeluarkan setiap bulannya.

    Oleh karena itu cobalah untuk berinvestasi karena nilai mata uang anda bisa selalu konsisten dari waktu ke waktu, bahkan nominalnya kemungkinan sangat besar akan terus bertambah.

Itulah tips-tips berita travel terlengkap supaya anda bisa pergi untuk berlibur setiap tahun yang perlu anda ketahui, dari artikel di atas anda dapat mempelajari tips-tips tersebut dan memulai untuk merencanakan liburan anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here