Saat ini Limbah Puskesmas Di Pekanbaru Dikelola Oleh Pihak Ketiga
Saat ini Limbah Puskesmas Di Pekanbaru Dikelola Oleh Pihak Ketiga

Berita Pekanbaru – Setiap fasilitas kesehatan pasti menghasilkan limbah medis, baik limbah padat maupun juga limbah cair. Limbah medis yang dihasilkan ini agar tidak mencemari lingkungan, harus dapat dikelola dengan baik.

Diketahui juga, untuk limbah medis di 21 puskesmas milik Pemerintah Kota Pekanbaru, saat ini sudah dikelola oleh pihak ketiga.

“Untuk limbah puskesmas sendiri, kita kan punya 21 puskesmas. Jadi saat ini kita bekerjasama dengan pihak ketiga. Pihak ketiganya itu kalau tidak salah Sinergi,” ungkap langsung Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldi, pada Jumat (1/4).

Zaini menyebutkan, bahwa pihak ketiga yang saat ini mengelola limbah medis puskesmas sudah mengantongi izin, baik izin dari pemerintah daerah maupun dari pemerintah pusat.

Baca juga: Update Kasus Covid-19 dan Pencapaian Vaksinasi di Riau 1 April 2022

“Karena kami melihat disana sudah ada izinnya, baik izin dari lokal, maupun dari kementerian. Karena dia itu harus punya izin lengkap, seperti (armada) pengangkut limbah, dia harus punya izin dari Dishub dan lingkungan hidup. Mobilnya itu standarnya itu bagaimana dan sebagainya. Termasuk tempat penyimpanan limbahnya,” jelas Zaini Rizaldi.

Pihak ketiga yang mengelola limbah medis puskesmas sudah memiliki gudang penyimpanan limbah.

“Limbahnya itu, kalau Sinergi itu dia punya tempat penyimpanan limbah sendiri, penempatannya itu pakai mesin es, ada gudang besar tempat pembekuan,” ujarnya.

“Di Provinsi Riau ini kalau tidak salah saya, saya dapat informasi dari DLHK, ada 8 atau 9 perusahaan yang punya izin tersebut. Tapi kalau uuntuk pengolahan limbahnya sendiri sampai saat ini belum ada di Provinsi Riau,” terang Zaini.

Simak juga berita lainnya, seputar topik berita riau terkini di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here