Kapan Smartphone Lama Menjadi Tidak Aman untuk Digunakan?

Berita Pekanbaru Terlengkap – Berapa lama Anda harus menggunakan ponsel Anda? Untuk smartphone, jawabannya bukan masalah usia fisik (kecuali jika pengguna menginginkan kemampuan dari ponsel tertentu) dan lebih banyak lagi tentang perangkat lunak jenis apa yang dapat dijalankan ponsel dan apakah perangkat lunak tersebut memiliki kerentanan terbaru yang diketahui telah diupdate. Dalam hal ini, ponsel iPhone dan Android sangat jauh berbeda, meskipun jarak persaingan diantara keduanya semakin menyempit akhir-akhir ini.

Keamanan dari perangkat seluler apapun ada pada perangkat lunak dari pada perangkat kerasnya. Ini disebabkan oleh perkembangan dari perangkat keras agak lebih lambat, dan juga karena jenis serangan siber yang paling umum dalam beberapa tahun terakhir hanya berfokus pada mencuri uang daripada mengeksploitasi pada perangkat keras. Pengguna smartphone, cenderung membiarkan ponsel mereka memperbarui perangkat lunak secara otomatis. Itu terutama berlaku untuk iPhone. Tetapi masalah muncul seiring bertambahnya usia smartphone Anda, terutama jika itu adalah perangkat Android.

Berapa Lama Bisa Menggunakan iPhone Jadul dengan Aman?

Apple mendukung smartphone-nya selama sekitar lima tahun setelah model tertentu dirilis, memberikan perangkat iOS versi terbaru dan patch terbaru untuk kerentanan terhadap ancaman. Mereka cukup murah hati mengingat kebanyakan orang mendapatkan smartphone baru setiap dua atau tiga tahun.

Misalnya, jika Anda menggunakan iPhone 6 yang dirilis pada September 2014, mungkin sulit untuk mengupgrade ke iOS 14, yang dirilis pada September 2020. Namun, Anda masih dapat menggunakan iOS 13 yang dirilis pada September 2019. iPhone tertua yang dapat menjalankan iOS 14 adalah iPhone 6s, mulai September 2015. Namun, kemungkinan iPhone 6s tidak akan dapat menjalankan iOS 15.

Masih belum banyak malware iOS di luar sana, jadi peluang Anda untuk terinfeksi virus sangat tipis, bahkan jika Anda menggunakan iPhone yang berusia lebih dari lima tahun. Tetapi lebih baik bermain aman daripada menyesal kemudian, terutama ketika Apple membuat peningkatan sistem operasi yang menjadi sangat mudah dan nyaman.

Berapa Lama Bisa Memakai Ponsel Android Jadul dengan Aman?

Mengukur batas penggunaan secara aman dari ponsel Android bisa jadi lebih sulit. Ini karena ponsel berbasis Android tidak terstandarisasi seperti layaknya Apple dengan ponsel iPhone-nya. Pada umumnya, ponsel dengan basis OS Android yang lebih lama tidak akan mendapatkan pembaruan keamanan lagi jika usianya sudah lebih dari tiga tahun. Setelah tiga tahun, Anda lebih baik membeli ponsel baru.

Baca Juga: 5 Manfaat Memperbarui Strategi Digital Marketing untuk Bisnis

Itu berubah dengan beberapa model terbaru. Google, Samsung, serta pembuat chipset Qualcomm pada akhir 2020 dan awal 2021 lalu, semuanya telah berkomitmen untuk menyediakan pembaruan keamanan hingga empat tahun untuk beberapa perangkat tertentu. Untuk Qualcomm dan Google, itu berarti bahwa semua ponsel dengan chipset Qualcomm Snapdragon, dimulai dengan Snapdragon 888 yang muncul di banyak flagships 2021 kemarin, akan mendapatkan pembaruan keamanan selama empat tahun dan tiga peningkatan versi Android. Ponsel yang  memenuhi syarat termasuk Xiaomi Mi 11 OnePlus 9 dan, ya, Samsung Galaxy S21.

Sedangkan untuk produk dari pabrikan Samsung, sekarang mereka telah menjamin hingga empat tahun pembaruan keamanan untuk semua ponsel Samsung Galaxy yang dirilis pada 2019 dan yang lebih baru. Dimulai dari seri Galaxy 10 dan Galaxy Note 10. Termasuk juga ponsel Galaxy yang meskipun tidak menggunakan chipset dari Qualcomm.

Secara keseluruhan, siklus dari produk ponsel Android Sabat kurang konsisten jika dibandingkan dengan iPhone. Ada banyak sekali produsen smartphone yang menggunakan (dan mengubah) versi dasar OS Android. Dan kurang bisa dipastikan, misalnya apakah gadget lama akan dapat menjalankan OS versi yang terbaru hingga dua tahun setelah ponsel diperkenalkan.

Hanya perangkat Pixel milik Google yang dijamin mendapatkan pembaruan keamanan Android terbaru pada hari pembaruan dirilis, meskipun perangkat Samsung, OnePlus, dan Motorola terbaru juga tidak ketinggalan. Google memiliki garis waktu yang lama setiap perangkat Pixel akan mendapatkan pembaruan di situs dukungannya. Misalnya, versi Android 11 yang dirilis pada September 2020, tidak akan berjalan di ponsel yang memiliki RAM kurang dari 2 GB. Android 11 juga tidak didukung pada Google Pixel generasi pertama, yang dirilis pada September 2016. Namun, Pixel mendapatkan Android 10 pada September 2019, dan pembaruan keamanan Android resmi terakhir pada Desember tahun itu.

Semua berita yang informatif semacam ini akan terus bisa Anda dapatkan, dengan mengikuti platform DANG MERDU ini. Platform berita gadget terlengkap yang tentunya selalu diperbarui setiap hari dan pastinya ANTI HOAX!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here