ceritakan kembali secara singkat kisah umar dengan janda tua

ceritakan kembali secara singkat kisah umar dengan janda tua

jawaban

Umar Bin Khattab adalah Khalifah kedua setelah Rasulullah SAW wafat. Terdapat banyak kisah teladan yang mengandung hikmah,  selama Umar Bin Khattab manjadi khalifah salah satunya kisah Umar dengan janda tua.

 

Pembahasan

Pada suatu malam, Khalifah Umar bersama Aslam mengunjungi kampung terpencil. Khalifah Umar mendengar seorang gadis kecil menangis lantas bergegas mendekati suara tersebut. Kemudian, Umar melihat seorang perempuan tua tengah memanaskan panci dan mengaduk-aduk panci ersebut dengan sendok kayu panjang.

Umar kemudian menanyakan kepada perempuan tersebut perihal anaknya yang menangis lalu dijawab sedang lapar.  Lantas ibu kembali bercerita bahwa yang dimasaknya adalah batu untuk membohongi anaknya yang lapar agar terhibur.

Mendengar hal tersebut, Umar Bin Khattab menangis dan mengajak aslam cepat-cepat pulang ke Madinah. Lalu dengan segera memikul gandum untuk diberikan kepada janda tua yang sengsara itu dan kemudian memasaknya. Sebelum pergi Umar Bin Khattab menyuruh si Ibu untu datang dan menemui Khalifah karena akan memberikan haknya sebagai penerima santunan negara.