Mobil Listrik Milik Mitsubishi Telah Dicoba Oleh 4 Perusahaan Logistik Di Tanah Air
Mobil Listrik Milik Mitsubishi Telah Dicoba Oleh 4 Perusahaan Logistik Di Tanah Air

Berita Pekanbaru Terbaru – PT MMKSI (Motor Krama Yudha Sales Indonesia) telah menandatangani nota kesepakatan atau yang dikenal dengan MoU bersamaan dengan emat perusahaan, diantaranya seperti PT Haleyora Power, PT Pos Indonesia, DHL Supply Chain Indonesia dan juga Gojek.

Kerjasama yang terjalin dari ke empat perusahaan tersebut merupakan bagian dari akselerasi berupa pemanfaatan sebuah kendaraan listrik yang telah di uji coba untuk mendukung kegiatan logistiknya.

Menurut Naoya Nakamura, selaku President Director dari PT MMKSI. Dari kerja sama tersebut menjadikan milestone yang baru yang merupakan kelanjutan dari sebuah komitmen dari Mitsubishi Motors dalam mengakselerasi pengembangan sebuah mobil listrik di tanah air.

Ia juga menyatakan jika kegiatan tersebut merupakan sebuah proses untuk menuju kontribusi kendaraan non emisi dan juga memanfaatkan BEV (Battery Electric Vehicle).

Baca Juga : 4 Cara Membuat Suspensi Mobil Yang Keras Menjadi Lebih Empuk

Mitsubishi juga berharap dengan adanya studi tersebut mampu mengeksplorasi secara luas dengan adanya kendaraan listrik komersial milik Mitsubishi Motors di Indonesia.

Berdasarkan ketentuan dari MoU, PT Motor Krama Yudha Sales Indonesia telah menghadirkan sebuah unit yaitu Mitsubishi Minicab_MiEV, dimana unit tersebut saat ini merupakan unit yang dijual untuk pasar Jepang.

Sejatinya, unit tersebut digunakan untuk penelitian serta pemanfaatan untuk para mitra yang akan menggunakan kendaraan tersebut dengan kurun waktu enam bulan ketika digunakan dalam operasi logistik untuk wilayah Jabodetabek.

Tujuan dari studi tersebut ialah untuk dapat memahami serta mengeksplorasikan EV komersial dan juga memverifikasikan data penggunaan kendaraan tersebut secara aktual baik itu riwayat pengisian daya, jarak tempuh dan juga rute pengirimannya.

Mitsubishi Minicab-MiEV

Telah diketahui bahwa mobil listrik yang digunakan adalah Mitsubishi dalam sebuah kerjasama yang dilakukan tersebut menggunakan Minicab-MiEV seperti yang kita ketahui juga jika mobil tersebut merupakan mobil yang memanfaatkan tenaga listri untuk pengoperasiannya.

Di Jepang sendiri, Mitsubishi Minicab-MiEV telah terbukti sebagai kendaraan operasional untuk perusahaan logistik.

Mobil Listrik Milik Mitsubishi Telah Dicoba Oleh 4 Perusahaan Logistik Di Tanah Air
Mobil Listrik Milik Mitsubishi Telah Dicoba Oleh 4 Perusahaan Logistik Di Tanah Air

Jadi, tak heran jika mobil tersebut diuji coba oeh PT Haleyora Power, PT Pos Indonesia, DHL Supply Chain Indonesia dan juga Gojek di tanah air.

Perlu diketahui pula, jika hasil dari kerjasama antara Mitsubishi dengan beberapa perusahaan tersebut, terdapat tiga poin yang juga dinilai penting seperti :

  1. Merupakan kendaraan terbaik untuk di gunakan di jalan sempit, dengan penggunaan small turning yang kecil yaitu 4,3 meter.
  2. BEV x Van : memanfaatkan BEV dengan tujuan operasional yang juga termasuk untuk pengiriman barang. Dan juga mendukung keekonomian dikarenakan running cost yang dinilai lebih rendah serta mendukung ekologi dikarenakan tak terdapat emisi.
  3. Dapat dihandalkan di tanjakan yang curam, karena torsi yang instan serta kuat dengan motor listrik. Power yang di miliki 30kW (41ps)/2.500 hingga 6.000 rpm dengan torsinya 20 kgf (196 Nm) atau 0 hingga 300 rpm.

Pernah Dicoba Jokowi

Mitsubishi Minicab-MiEV sebuah kendaraan logistik dengan kapasitas empat tempat duduk dengan penggerak 2WD juga dilengkapi dengan baterai berkapasitas 16 kWh yang dapat melaju dengan jarak tempuh sejauh 150 km.

Ketika hadir di pagelaran GIIAS 2021 (Gaikindo Indonesia International Autos Show) yang lalu, nama Mitsubishi Minicab_MiEV telah mencuri perhatian Presiden RI yaitu Joko Widodo.

Jokowi yang kala itu didampingi dengan Menteri Perindustrian yaitu Agus Gumiwang juga sempat mencoba Minicab-MiEV di seputaran GIIAS 2021.

MMKSI juga akan melakukan uji coba dengan mitra potensial di tanah air sebagai kendaraan operasionalnya, guna untuk memastikan fungsi serta keandalan dari mobil tersebut.

Dan hasil pengujian tersebut juga akan digunakan untuk pengembangan sebuah kendaraan bertenaga listrik milik Mitsubishi Motors di tanah air, dan juga memberikan kontribusi untuk pertumbuhan yang berkelanjutan dari partner Mitsubishi Motors dan juga masyarakat tentunya.

Dapatkan Update seputar Berita Otomotif Terkini lainnya hanya di laman Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here