Hakikat integrasi nasional merupakan proses

Hakikat integrasi nasional merupakan proses

 

pada hakikatnya integrasi nasional merupakan proses penyatuan berbagai kelompok budaya dan sosial ke dalam satu kesatuan wilayah, dalam rangka pembentukan suatu identitas nasional. berdasarkan hal tersebut sebutkan 3 syarat keberhasilan suatu integrasi nasional bagi bangsa indonesia

Suatu proses integrasi nasional tidak muncul begitu saja, melainkan butuh proses. Proses itu memerlukan beberapa syarat sehinggan proses integrasi nasional itu bisa berjalan dengan mulus, antara lain:

1. Anggota masyarakat merasa bahwa mereka semua berhasil untuk saling mengisi kebutuhan-kebutuhan yang satu dengan yang lainnya. Dengan kata lain, dalam komunitas bernama bangsa itu ada cita-cita dan visi bersama untuk hidup berdampingan.

2. Terciptanya kesepakatan bersama mengenai norma-norma dan nilai-nilai sosial yang dilestarikan dan dijadikan menjadi suatu pedoman. Artinya, sebuah negara membutuhkan sebuah konsensus yang menjadi pijakan bersama dalam hidup bernegara.

3. Norma-norma dan nilai-nilai sosial dijadikan aturan yang baku dalam melangsungkan proses integrasi sosial. Atatu, adanya sesuatu yang bisa dijadikan acuan bersama sekaligus menjadi payung yang melindungi sesama.