Wawako Pekanbaru Ayat Cahyadi Paparkan Sosok Marhum Pekan Dalam Program Berseri
Wawako Pekanbaru Ayat Cahyadi Paparkan Sosok Marhum Pekan Dalam Program Berseri

Berita Pekanbaru Terlengkap – Wakil Walikota (Wawako) Pekanbaru, Ayat Cahyadi memaparkan seputar sosok Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazam Syah dalam program Belajar Sejarah Riau (Berseri) di Perpustakaan dan Arsip Riau, Rabu (23/2). Ia menyebut bahwa dirinya hadir dalam rangkaian memperkenalkan sosok pendiri Kota Pekanbaru.

Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazam Syah lebih dikenal sebagai Marhum Pekan. Ia mengatakan bahwa Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Kota Pekanbaru terus memperkenalkan sosok Marhum Pekan.

Apalagi Marhum Pekan segera diusulkan sebagai satu calon pahlawan nasional. Ia menyampaikan bahwa Marhum Pekan sangat banyak jasanya karena merupakan pendiri Kota Pekanbaru.

Baca juga: Dinas Sosial Segera Lakukan Pendataan Bagi Penyandang Disabilitas di Sekolah

Makam Marhum Pekan berada di sekitar Komplek Masjid Raya Pekanbaru, Senapelan. Ia menyebut ada sejumlah makam di komplek yang kini menjadi cagar budaya.

“Karena jasa besar beliau, kita mengabadikan nama beliau sebagai nama jalan dan jembatan. Ini bentuk menghormati jasa beliau,” jelasnya.

Dirinya menyebut bahwa sudah lama keinginan untuk mengusulkan Marhum Pekan sebagai calon pahlawan nasional karena berjasa besar membangun Kota Pekanbaru. Keinginan menjadikan Marhum Pekan sebagai pahlawan sudah tercetus sejak tahun 1988.

Saat itu di masa Gubernur Riau Soeripto memberikan pidato saat mengkaji perjuangan Raja Haji Fisabililla. Kala itu ia mengatakan banyak tokoh besar di Riau diperjuangkan sebagai pahlawan nasional.

Marhum Pekan juga merupakan panglima besar Kerajaan Siak Sri Indrapura. Beliau menjadi panglima besar sejak Sultan Siak ke II hingga Sultan Siak ke IV.

Simak juga berita lainnya, seputar topik berita riau terlengkap di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here