sebutkan dan jelaskan jenis-jenis surat undangan

sebutkan dan jelaskan jenis-jenis surat undangan

jawab

Berikut ini merupakan jenis-jenis surat undangan:

  1. Surat undangan pribadi.
  2. Surat undangan resmi.
  3. Surat undangan setengah resmi.

» Pembahasan

Surat undangan merupakan surat yang di mana ditulis untuk mengundang orang pada acara atau kegiatan tertentu. Surat undangan dapat berupa formal maupun informal. Surat undangan dapat ditulis baik individu maupun organisasi. Berikut ini merupakan jenis-jenis surat undangan:

  • Surat undangan pribadi (tidak resmi) merupakan surat permohonan untuk menghadiri acara maupun kegiatan kekerabatan atau perhelatan keluarga. Misalnya undangan khitanan, undangan ulang tahun, undangan pernikahan dan lain-lain.
  • Surat undangan resmi merupakan undangan yang di mana diselenggarakan antar instansi atau organisasi guna kepentingan dinas. Sifat dari surat undangan resmi yaitu untuk kepentingan hubungan kedinasan atau bisnis. Contoh surat undangan resmi yaitu surat undangan rapat umum pemegang saham, pertemuan, bisnis, undangan dinas dan lain-lain.
  • Surat undangan setengah resmi merupakan surat undangan yang di mana mengatasnamakan perorangan yang ditujukan ke perorangan maupun instansi atau organisasi. Contoh undangan setengah resmi adalah undangan rapat keluarga, undangan syukuran, undangan rapat RT atau rapat pemuda dan lain-lain.