Berita Pekanbaru Terlengkap – Dalam waktu dekat, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pekanbaru bersama organisasi perangkat daerah (OPD) terkait yaitu seperti Satpol PP, Dinas Perhubungan (Dishub) beserta Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) akan duduk bersama akan bahas tata cara penertiban gelandangan dan pengemis (gepeng) yang berada di setiap persimpangan ruas jalan Pekanbaru.

Pembahasan ini terkait penertiban bersama OPD terkait yang juga disampaikan Kepala Dinsos Kota Pekanbaru, Dr. H. Idrus, S.Ag., M.Ag. kepada awak media saat dimintai tanggapannya terkait dengan pengemis yang sebagian ada anak di bawah umur.

“Dalam waktu terdekat ini direncanakan kita akan duduk bersama-sama dengan instansi atau OPD terkait guna membicarakan tentang penertiban yang berada di persimpangan lampu merah, terutama tentang gepeng atau pengemis, dan bahkan akhir-akhir ini juga muncul manusia silver,” ungkap Idrus.

Kepala Dinsos Pekanbaru tak menampik dengan adanya dugaan anak yang diperalat oleh orang tua untuk mengemis di jalanan. Untuk itu para pihaknya akan duduk bersama dengan pihak DP3A.

Baca juga: Walikota Pekanbaru Firdaus Targetkan Vaksinasi Anak Akan Capai 10 Ribu

“OPD yang terkait itu seperti Satpol PP, Dinas Perhubungan. Berkenaan dengan adanya dugaan anak yang diperalat oleh orang tuanya untuk turun kejalan untuk mengemis, mungkin dengan DP3A ini kita harus duduk satu meja juga. Inilah dalam perencanaan kita,” kata Idrus.

Dijelaskan oleh Idrus, dalam peraturan daerah (perda) berkaitan dengan ketertiban umum, dilakukan langsung oleh Satpol PP. Untuk itu para pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Satpol PP ataupun dari pihak kepolisian.

“Dalam Perda guna melakukan penertiban itu Satpol PP, karena ini berkaitan dengan ketertiban umum, makanya akan kita minta bantu dengan Satpol PP. Jika saat itu dibutuhkan juga, tidak tertutup kemungkinan kita akan minta bantu juga ke pihak kepolisian,” ujarnya.

Lewat media, Idrus juga mengingatkan agar tidak memperalat anak-anak untuk meminta-minta di jalanan, dikarenakan ini bukan hal yang baik untuk anak-anak.

“Kita juga mengimbau jangan ada diperalat anak-anak untuk mengemis. Jadi saat ini memang harus kita koordinasikan bersama dengan DP3A, itu terkait dari anak yang mengemis di setiap persimpangan lampu merah,” tutupnya.

Simak juga berita lainnya, seputar topik artikel daerah Pekanbaru Riau di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here