4 Bagian Sepeda Motor Yang Sering Dianggap Tak Penting, Namun Memiliki Manfaat
4 Bagian Sepeda Motor Yang Sering Dianggap Tak Penting, Namun Memiliki Manfaat

Berita Pekanbaru – Sepeda motor merupakan alat transportasi yang sangat bermanfaat bagi sebagian orang, sebab dapat menunjang berbagai aktivitas. Alasan lain dikarenakan sepeda motor yang lebih ringkas serta lebih mudah dikendarai untuk berbagai medan jalan.

Untuk urusan perawatannya pun terbilang lebih mudah jika dibandingkan dengan mobil, dikarenakan komponen yang dimiliki oleh sepeda motor yang jumlahnya lebih sedikit.

Meski begitu, masih banyak orang yang tidak tahu jenis serta manfaat dari komponen yang ada pada sepeda motor miliknya. Sehingga pemilik sepeda motor sering mengabaikan fungsi tersebut.

Sekurangnya ada empat komponen sepeda motor yang sering kali dianggap tak penting, hingga pada akhirnya jarang sekali dilakukan perawatan. Perlu diketahui, apabila komponen tersebut dilepas atau bahkan dibiarkan justru sangat beresiko.

Apa sajakah komponen tersebut, mari kita simak ulasannya berikut :

Bar-End / Jalu Stang

Bar-end atau jalu stang merupakan komponen yang letaknya ada di sebalah kanan dan kiri dari ujung stang sepeda motor.

Baca Juga : Cara Membersihkan Filter Udara Sepeda Motor Yang Tepat

Meskipun ukurannya kecil, tanpa adanya komponen tersebut mampu menjadi kenali atas sepeda motor. Sebab, fungsinya adalah sebagai balancer atau penyeimbang pada tuas kemudi ke sepeda motor.

Tak hanya itu saja, fungsi lain dari jalu stang yaitu mampu mengurangi getaran yang terjadi di kemudi sepeda motor. Apabila jalu stang dilepas, tentunya anda akan lebih sering merasakan getaran pada stang kemudi.

Terlebih lagi kalau motor yang digunakan adalah motor sport. Dengan disematkannya jalu stang, dapat dipastikan jika resiko kecelakaan akan berkurang.

Seal Shockbreaker

Komponen berikut pastinya jarang sekali diperhatikan oleh para pemilik sepeda motor. Biasanya seal shockbreaker baru akan diperhatikan apabila oli shock yang sudah mulai tampak rembes.

Apabila cuaca sering hujan, sebaiknya anda harus lebih sering membersihkan bagian shockbreaker motor anda dari sisa-sisa pasir yang melekat ke komponen tersebut. Apabila tidak dibersihkan, tak heran jika suatu saat shockbreaker akan bocor yang pada akhirnya harus dilakukan penggantian.

Apabila seal shock bocor tentunya wajib untuk diganti, karena jika dibiarkan oli yang berada di dalam tabung shockbreaker akan habis.

Jika dibiarkan, terlebih lagi shock depan yang sudah mengeluarkan suara maka yang harus diganti adalah as shockbreaker dikarenakan sudah aus.

Minyak Rem

Nah, salah satu hal penting tetapi jarang di lihat oleh pengendara yaitu minyak rem. Padahal jika dilihat berdasarkan fungsinya, minyak rem merupakan salah satu hal yang terbilang sangat penting pada sebuah sepeda motor.

Selain sebagai pelumas saat terjadinya gesekan pada logam, fungsi lainnya dari minyak rem adalah sebagai penyalur tenaga hidrolik untuk sistem pengereman.

Sebaiknya wajib untuk melakukan pengecekan secara rutin terhadap kondisi minyak rem. Jangan sampai kondisinya menjadi tak layak yang mengakibatkan laju dari kendaraan tak mampu lagi terhenti atau rem menjadi blong.

Planger Motor / Behel

Plunger atau behel pada sepeda motor yang biasanya sering dilepas dengan alasan membuat orang yang dibonceng tak nyaman. Padahal fungsinya tak lain adalah sebagai penyeimbang untuk orang yang berada di boncengan.

Dengan disematkannya behel tersebut, pastinya memberikan pegangan kepaa orang yang dibonceng. Sehingga pengendara dapat bermanuver dengan nyaman.

Tak hanya itu, planger atau behel yang ada di motor berfungsi untuk melindungi stoplamp bagian belakang apabila pengendara membawa barang yang diikat pada bagian belakang motor. Sehingga stoplamp akan aman dari berbagai benturan dari barang bawaan.

Itulah beberapa bagian dari sepeda motor yang kerap kali dilupakan fungsinya. Dapatkan informasi seputar Berita Otomotif Terkini lainnya hanya di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here