Cara Membersihkan Filter Udara Sepeda Motor Yang Tepat
Cara Membersihkan Filter Udara Sepeda Motor Yang Tepat

Berita Pekanbaru Terkini – Kini, disemua sepeda motor Honda telah menggunakan sistem yang dinamakan PGM-FI (Programed Fuel Injection). Terdapat komponen yang sangat penting didalam PGMFI yaitu filter udara atau air cleaner.

Komponen tersebut berfungsi sebagai penyaring udara dari debu atau kotoran yang dapat masuk ke ruang pembakaran.

Jika saringan udara tersebut kotor, tentu udara yang akan masuk ke mesin akan menjadi lebih sedikit. Akibatnya performa mesin menjadi kurang optimal. Dampak lainnya seperti sepeda motor akan menjadi lebih boros penggunaan bahan bakarnya.

Perbandingan dari udara dan bahan bakar yang kurang ideal mengakibatkan proses dari pembakaran menjadi tidak sempurna sehingga terjadi endapan karbon pada ruang bakar.

Dari endapan karbon yang banyak tersebut dapat mengakibatkan knocking atau ngeklik. Sehingga menyebabkan performa mesin menjadi berkurang sehingga mesin menjadi cepat rusak, tak sempurnanya pembakaran dan busi menjadi cepat rusak beserta dengan beberapa komponen lainnya.

Baca Juga : Harga Terbaru Dari Mitsubishi Pajero Sport dan Triton Di Bulan Januari 2022

Untuk filter udara sendiri terbagi menjadi 3 jenis, yang diantaranya adalah Dry Paper (kertas saring), Urithane Foam (busa) dan Viscous Paper (sejenis kertas berlapis oli)

Untuk tipe Dry Paper dan Urethane Foam, dari kedua jenis tersebut bisa digunakan kembali apabila sudah dibersihkan untuk perawatan rutinnya berkisar 4.000 km.

Sedangkan untuk Viscous Paper sendiri memiliki daya saring lebih baik tetapi tak dapat dibersihkan untuk dipergunakan kembali.

Yang artinya wajib diganti apabila penggunaannya sudah mencapai penggunaan tertentu, setiap penggunaannya telah mencapai 16.000 km dan berlaku kelipatan.

Perlu diketahui pula jika setiap filter udara memiliki karakteristik yang berbeda-beda pula yang disesuaikan berdasarkan bahan dasarnya. Oleh sebab itu, perawatannya pun berbeda pula.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat filter udara pada sepeda motor, diantaranya :

Air Cleaner Urethane Foam

Untuk jenis yang satu ini perlu dilakukan perawatan secara berkala setiap 4.000 km dan berlaku kelipatan.

Dengan cara, cuci filter udara menggunakan air detergen (jangan gunakan cairan yang mudah terbakar ) atau juga cairan pembersih lalu di peras.

Berikutnya, keringkan dapat pula disemprot dengan alat penyemprot udara bertekanan. Lalu lumasi filter udara tersebut dengan menggunakan oli.

Air Cleaner Dry Paper

Begitu pula dengan jenis yang satu ini yang perlu dilakukan perawatan juga setiap 4.000 km dan berlaku pula kelipatan yang sama seperti ureathane foam hanya saja caranya yang berbeda.

Caranya dengan disemprot pada bagian belakang filter udara yang ada flame trapnya.

Untuk cara penyemprotannya sendiri ada 2 yaitu : filter udara disemprot menggunakan alat bantu penyemprot udara bertekanan dari arah flame trap yang dilakukan secara horizontal dengan jarak penyemprotan 3 cm.

Atau juga dapat dilakukan penyemprotan dari arah flame trap yang dilakukan secara vertikal dengan jarak penyemprotan yang sama yaitu sekitar jarak 3 cm.

Proses tersebut dapat dilakukan sekitar 2 menit atau hingga tak ada lagi udara kotor yang keluar.

Berikutnya, semprotkan pula udara bertekanan tersebut dari bagian depan. Untuk arah penyemprotannya yang membentuk sudut 45 0 dengan jarak penyemprotannya sekitar 5 cm.

Untuk pembongkaran dari posisi filter udara tersebut tentunya berbeda-beda pada setiap tipe sepeda motor. Yang mana disesuaikan berdasarkan jenis mesin serta tata letak dari komponen pada rangka sepeda motor. Hanya saja letaknya yang tak jauh dari karburator atau yang berhubungan dengan sistem pemasukan bahan bakar dan throttle body pada tipe injeksi.

Dapatkan update Berita Otomotif Pilihan  lainnya hanya di Dangmerdu.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here