Kadang beberapa orang menggangap mengambil foto adalah hal yang sangat mudah, ada juga yang beranggapan bahwa mengambil foto hanya sekedar pencet tombol dan menghasilkan foto yang bagus.Padahal pada realitynya tidak sedikit aspek yang wajib kita pelajari lagi supaya hasil yang didapat bisa sangat menarik. Karena itu kita harus memahami dan mempelajari mengenai teknik fotografi. 

Sebuah seni yang menghasilkan cahaya dan gambardi permukaan yang dipekakan adalah pengertian fotografi. Ada juga pengertian lainnya yang berasal dari bahasa Inggris yaitu Photograpy memiliki arti melukis atau menulis, sehingga pada umumnya fotografi dapat diartikan juga dengan proses melukis atau menulis menggunakan media cahaya. Menurut 

Ansel Adams fotografi merupakan media komunikasi,  berekspresi yang baik untuk menawarkan berbagai interprestasi, persepsi, dan ekseskusi yang tak terhingga. 

Berdasarkan dari pengertian tersebut bisa kita ambil kesimpulan bahwa fotografi adalah Suatu aktifitas nge-take gambar dengan kamera sebagai alat bantu, sehingga menghasilkan hal yang dinamakan karya seni, agar dapat dinikmati diri sendiri atau orang banyak.

Fotografi adalah teknik yang dapat membantu dalam menghasilkan bermacam karya yang bisa membuat orang tertarik jika melihat hasilnya. 

Teknik-teknik Fotografi 

Agar bisa menjadi fotografer tentu tidak hanya bermodalkan peralatan yang wah saja, dalam artian dengan jenis lensa dan kamera yang lengkap. Kunci yang paling utama bagi seorang fotongrafer adalah menguasai berbagai teknik fotografi. Fotografi memiliki banyak teknik agar kamu dapat menambah keindahan foto dan variasi, sehingga tidak monoton dan menarik seperti : 

  • Panning
    Panning adalah teknik fotografi yang selalu digunakan dalam nge-freeze gerakan pada objek foto yang tidak diam. Dengan menggerakan kamera searah mengikuti gerakan objek yang ingin kamu bidik agar objek akan tampak fokus, sementara background akan tampak kabur.
    Baca juga : 5 Destinasi Tempat Wisata Terpopuler di Pulau Bangka Belitung 
  • Zooming
    Teknik yang membuat objek utama terlihat jelas, sedangkan backgroundnya terlihat kabur merupakan pengertian dari Zooming. Untuk mengaplikasikan teknik ini sebaiknya kamu memakai tripod.Objek foto dipertegas dan bertambah semakin jelas dengan teknik ini. Perubahan fokus bisa dilakukan dengan lensa zoom, gunakan kecepatan rana tidak lebih dari 1/30 detik supaya menghasilkan kesan gerak.
  • Freezing
    Merupakan teknik memotret suatu objek yang sedang bergerak contohnya air. salah satu contohnya yaitu ketika orang yang sedang berolahraga, dengan seolah-olah kamu bisa menghentikan objek yang sedang bergerak.Dengan memanfaatkan kecepatan daro sutter speed pada kamera adalah carapelaksanaan dalam teknik tersebut.
  • Siluet
    Siluet merupakan teknik foto yang objeknya terlihat gelap sedangkan background atau  disebut juga dengan latar belakang suatu foto yang memiliki warna yang cukup terang. Dengan menempatkan subjek atau objek di depan cahaya dengan mengatur exposure pada kamera, merupakan salah satu cara pengaplikasian teknik tersebut.
  • Macro
    Teknik shoot foto dari jarak yang sangat dekat untuk bisa mendapatkan hasil detail objek yang tinggi pada suatu objek berukuran kecil adalah pengertian dari Macro. foto macro biasanya memiliki rasia 1:1,  dimana sebuah gambar yang dihasilkan sama ukurannya dengan benda yang aslinya.

Dengan penjelasan diatas kita dapat mengetahui sedikit banyaknya mengenai teknik fotografi yang dapat menghasilkan gambar yang bagus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here