Wisatawan menikmati suasana Pantai Tanjung Tinggi Belitung, Rabu (27/5). Pulau Belitung yang memiliki berbagai lokasi tujuan wisata berbasis maritim itu menjadi salah satu tujuan wisata favorit wisatawan lokal dan mancanegara terutama pasca pemunculannya sebagai latar dalam film Laskar Pelangi berdasarkan novel karya Andrea Hirata. ANTARA FOTO/Andika Wahyu/Spt/15.

Pulau terbesar di indonesia adalah Pulau Bangka, dan Pulau Belitung yaitu merupakan kembaran dari Pulau Bangka yang sudah terlebih dahulu terkenal karena novel best seller yang berjudul Laskar Pelangi. Gabungan  kedua pulau itu membentuk suatu provinsi Bangka Belitung terbentuk dari gabungan dua pulau, yang berdiri pada tahun 2000 yaitu Pangkal Pinang merupakan ibukotanya.

Pulau Bangka memiliki banyak destinasi pantai yang sangat spektakuler, bebatuan granit yang berukuran besar menjadi suatu ciri khas yang sangat mengagumkan dari pantai-pantai yang berada di pulau itu. Pantainya yang masih alami jauh dari keramaian sangat cocok untuk tempat melepas rasa penat dan stress. Selain itu pulau ini juga memiliki Danau Kaolin, danau ini merupakan bekas dari galian tambang timah yang mempunyai warna biru yang sangat eksotis dan indah sekali. 

Danau kaolin merupakan tempat wisata yang sudah sangat terkenal,  selain itu pulau ini juga menyimpan destinasi wisata yang lainnya juga yang tak terkalahkan indahnya. Salah satunya yaitu wisata air terjun, perbukitan, sampai gurun pasir yang dijamin akan menjadi pengalaman berwisata yang tak terlupakan. Kamu pasti ingin tau dengan destinasi tempat wisatanyakan! Berikut ini beberapa informasinya: 

1.Pesona Keindahan yang dimiliki Danau Kaolin Aek Biru yang Terkenal

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, Danau Kaolin merupakan suatu danau yang tercipta dari penggalian tambang timah, setelah hasil timah yang terkandung didalamnya habis danau ini mengeluarkan warna biru langit yang indah. Selain danaunya berwarna biru ada juga yang berwarna hijau yang jadi nilai tambah bagi daya tarik Danau Kaolin Air Bara ini. 

Jika kamu ingin merasakan suasana yang sangat berbeda lagi kamu bisa datang kesini pada sore hari agar bisa menikmati pemandangan sunset ketika matahari terbenam yang sangat memukau. 

2.Menyusuri Pantai yang Terpanjang di Pulau Bangka yaitu Pantai Matras 

Pantai Matras merupakan pantai yang terpanjang di Pulau Bangka, Maka karena itu kamu jangan heran jika pandanganmu kearah lautan seakan luasnya tak terbatas. Pantai ini berlokasi di Kecamatan Sungai Liat yang memiliki jarak sekitar 33 kilometer dari Pangkal Pinang. Kamu bisa menikmati air laut yang berwarna biru, jernih dan sangat menawan. Pasir pantainya begitu halus serta megahnya bebatuan granit disepanjang bibir pantai akan menjadikan daya tarik tersendiri bagi pantai ini.

Baca juga : 5 Jenis Fotografi yang Sangat Populer 

3.Suasana seperti Padang Pasir dan Perbukitan yang sangat Eksotis di Gurun Pelawan Namang 

Tempat wisata satu ini merupakan bekas tambang di Pulau Bangka, Gurun Pelawan dan bukit yang terdapat di Desa Namang akhir-akhir ini menjadi destinasi tempat wisata baru yang dapat menarik wisatawan untuk berkunjung. gurun pasirnya menyatu dengan perbukitan ini berada dilokasi sekitar 800 m dari titik koordinat Hutan Pelawan. Pulau  Bangka disinari oleh matahari dengan teriknya sehingga dapat menambah eksotisme dari tempat ini, sehingga mirip dengan Gurun Atacama yang berada di Chile. 

4.Menikmati Birunya Air Laut dan Pendar Senja di Pantai Tikus 

Pantai lain yang ada di Pulau Bangka yaitu Pantai Tikus. Mengapa dinamakan Pantai Tikus sebab di pantai ini terdapat banyak sekali jalan tikus di area pantai yang konon katanya merupakan jalan dari penambang liar untuk membawa timah. Pantai ini diapit dengan beberapa pantai yang sangat terkenal lainnya yaitu Pantai Tikus Emas dan Pantai Rebo. Disini juga tersedia fasilitas yang lengkap termasuk kamar ganti, taman bermain dan tempat parkir. 

5.Mengagumi Kemegahan Batu Granit di Pantai Dinding Batu Belinyu 

Pantai yang berada di Kecamatan Belinyu ini wajib kamu kunjungi, pantai ini disebut juga dengan Pantai Dinding Batu.Pantai ini akan kamu jumpai batu granit yang sangat besar sedang berdiri tegak. Batu Granit ini memiliki ukuran 20×15 meter dengan ketebatan 5 meter. 

Disana kamu akan merasakan suasana seperti mirip di film-film fantasi contohnya Lord Of The Rings. Bagian depan batu dinding kamu akan bisa menjumpai batu pari yang menyerupai ikan pari, selain itu juga ada batu kodok disisi sebelah batu dinding. Tentu kamu akan ketagihan mengambil foto disana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here