Dang Merdu –Pendafataran Kartu Prakerja untuk gelombang 23 akan segera dibuka kembali oleh  Pemerintah. Kemungkinan besar untuk gelombang 23 ini akan dibuka antara akhir Januari atau awal Februari 2022. Untuk pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 23 dilakukan secara online, dengan cara mengunjungi situs resmi kartu prakerja yakni prakerja.go.id.

 

Pendaftaran Kartu Prakerja untuk gelombang 23 akan terbit jadwal resmi dibukanya langsung disampaikan oleh Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja. Pada saat ini belum ada info resmi kapan tanggal pasti Kartu Prakerja gelombang 23 ini akan dibuka. Begitupun masyarakat sudah diberi akses untuk mendaftar akun baru Kartu Prakerja, agar kemudian bisa mengikuti seleksi pada gelombang ke 23 nanti.

 

Kunjungi situs prakerja.go.id untuk pembuatan akun baru Kartu Prakerja Anda. Rencananya juga pada tahun 2022 ini program Kartu Prakerja akan dibuka sama dengan metode pada tahun lalu yakni dibuka dalam dua semester. Semester I nanti akan dilaksanakan dengan metode semi bansos pelatihan secara online. Dan untuk semester II akan menggunakan metode pelatihan penggabungan secara offline dan online.

 

Untuk tahun 2022 ini Pemerintah  sudah menyiapkan anggaran yang cukup besar yakni sebesar  Rp11 triliun demi untuk kelancaran program ini dan juga agar lebih banyak masyrakat Indonesia yang bisa mengikuti pelatihan dari Kartu Prakerja ini. Nantinya masyarakat yang sudah lolos seleksi akan mendapatkan dana berkala sebesar Rp 3.550.000.

 

Rincian dari 3,55 juta ini adalah pada awal nanti masyarakat yang lolos akan mendapatkan dana Rp 1 juta untuk membeli biaya pelatihan yang sesuai dengan bidang dan kemampuan kita masing-masing. Kemudian nantinya setelah selesai melakukan pelatihan dan dinyatakan lulus dengan mendapatkan sertifikat maka masyarakat akan mendapatkan dana insentif sebesar Rp 2,4 juta yang akan dibagikan dalam 4 bulan kedepan. Kemudian akan ada juga dana tambahan sebesar Rp 150.000 untuk setiap survei yang telah kita lakukan.

 

Baca juga : Pasien Karantina Bandel Di Bekasi Ditangani Satgas DPO Polres Bekasi

 

Nah mumpung masih awal Januari, bagi siapa saja masyarkat yang berniat ingin mendapatkan dana bantuan ini segeralah melakukan pendaftaran Kartu Prakerja untuk gelombang 23. Berikut ini kami berikan langkah-langkah dalam mendaftarkan akun baru di program Kartu Prakerja :

  1. Langkah awal yang Anda lakukan adalah kunjungi akun resmi Kartu Prakerja yakni prakerja.go.id. Anda bisa mengunjungi website tersebut menggunakan smartphone maupun laptop atau komputer yang sudah terhubung dengan Internet.
  2. Lalu, klik “Daftar Sekarang” pada bagian kanan atas halaman situs Kartu Prakerja.
  3. Kemudian isikan alamat email dan password yang nantinya akan Anda gunakan di akun Kartu Prakerja ini.
  4. Selanjutnya klik tanda centang pada “ Syarat dan Ketentuan dan Kebijakan Privasi”. Lalu klik tombol “Daftar”
  5. Kemudian kembali ke alamat email yang sudah Anda daftarkan tadi untuk melakukan verifikasi akun Kartu Prakerja Anda.
  6. Setelah verifikasi ini berhasil, langkah selanjutnya adalah masuk kembali ke akun Kartu Prakerja.
  7. Kemudian Anda wajib melakukan verifikasi KTP
  8. Selanjutnya, update dan upload data diri Anda. Siapkan foto KTP dengan ukuran maximal 2 MB dengan format JPG/PNG.
  9. Lalu Anda akan diminta untuk memasukkan nomor HP Anda untuk bisa diverifikasi. Perlu diingat nomor HP ini harus aktif dan tidak boleh diganti selama pelatihan berlansung.
  10. Isi Pernyataan Pendaftar sesuai dengan kondisi Anda, serta ikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar.
  11. Setelah hal ini selesai Anda tinggal menunggu kapan seleksi gelombang 23 dibuka, jika sudah dibuka Anda bisa langsung klik “Gabung” gelombang .

Kemudian nanti panitia Kartu Prakerja akan menyeleksi kembali apakah Anda layak dan bisa lolos atau tidak, hasilnya bisa Anda lihat dari akun Kartu Prakerja Anda pada saat pengumuman sudah diterbitkan. Biasanya pengumuman ini akan dikirimkan juga melalui sms atau email serta akun Kartu Prakerja Anda. Selamat mencoba, semoga kali in Anda salah satu yang bisa lolos pada gelombang ini.

 

Baca juga Berita Nasional Terbaru Lainnya di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here