10 Hal yang Harus Dilakukan Saat Pertama Kali Mengemudi
10 Hal yang Harus Dilakukan Saat Pertama Kali Mengemudi

Berita Pekanbaru – Bagi anda yang sudah mahir dalam mengemudikan kendaraan, tentunya akan merasa biasa saja saat berkendara diberbagai kondisi jalan. Tentunya hal tersebut berbeda jika dibandingkan dengan orang yang jarang atau bahkan untuk pertama kalinya mengemudi. Pastinya cemas dan was-was yang akan dirasakan.

Sedikitnya akan merasakan khawatir dan juga takut bagi mereka yang baru pertama kali mengemudi, dikarenakan banyaknya kendaraan yang melintas disekitarnya.

Sebaiknya untuk pertama kali belajar mengemudi, lakukan di wilayah yang luas dan jauh dari daerah permukiman. Berbeda jika memang yang sudah tau teknik mengemudi yang benar, tentunya dapat dilakukan di jalanan.

Baca Juga : Bajaj Gandeng Husqvara Untuk Produksi Skuter Listrik Di Pabrik Barunya

Bagi anda yang ingin mengemudi di jalan raya tanpa adanya rasa khawatir, pastinya ada beberapa hal yang harus dilakukan, seperti :

Sudah Memiliki SIM

SIM (Surat Izin Mengemudi) merupakan bukti registrasi serta identifikasi yang dikeluarkan oleh Polri kepada seseorang yang dinyatakan telah memenuhi persyaratan baik administrasi, sehat secara jasmani maupun rohani, serta terampil dalam mengemudikan kendaraan bermotor dan memahami peraturan lalu lintas.

Memiliki SIM merupakan hal yang wajib, yang sudah tertuang dalam dasar hukum seperti yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 22 tahun 2002 pasal 14 dan 15.

Tumbuhkan Rasa Percaya Diri

Apabila sudah memiliki SIM, selanjutnya yang harus dilakukan ialah tumbuhkan rasa percaya diri jika anda bisa melakukannya.

Rasa percaya diri itu juga jangan berlebihan. Mengapa, karena harus paham betul terkait aturan dalam berlalu lintas serta teknik mengemudi yang baik dan benar tentunya.

Pemilihan Waktu Yang Tepat

Apabila ingin mengemudikan kendaraan di jalan raya, pastikan pula jika jalan yang akan dilalui itu bukanlah jalan yang padat dilalui oleh berbagai macam jenis kendaraan. Oleh karena itu, tentukan waktu yang tepat jangan di jam-jam sibuk. Serta sesuaikan pula kondisi cuacanya, jangan pada saat hujan atau pun berkabut. Pastikan dalam kondisi cuaca yang sangat cerah.

Berada Di Jalur Yang Benar

Pada saat pertama kali mengemudi dijalan raya, pastikan pula selalu dijalur yang benar. Apabila hendak menyalip kendaraan lain, lakukan disebelah kanan.

Dan jika berada di jalur kiri pun dengan alasan tidak ngebut tetapi jangan sampai menghalangi laju dari kendaraan yang lainnya.

Atur Jarak Aman

Saat mengemudi atur jarak aman anda dengan kendaraan lain yang ada di depan. Dari sejumlah ahli yang mengatakan, jika jarak aman saat ber kendara itu adalah 4 – 5 dari mobil yang berada di depan.

Supaya pengendara dapat berpikir dengan cepat pada saat bermanuver bila kendaraan yang ada didepan mengerem atau terjadi masalah.

Manfaatkan Kaca Spion

Di setiap mobil tentunya harus mempunya kaca spion baik kanan ataupun kiri serta dibagian tengah. Pada saat mengemudi di jalan raya, manfaatkan kaca spion untuk melihat kondisi sekitar kendaraan.

Begitupun saat menyusul kendaraan yang ada di depan, anda harus melihat kiri dan kanan agar tidak bersentuhan dengan kendaraan yang lain.

Aktifkan Lampu Isyarat

Sebelum berbelok, pastikan sebelumnya untuk mengaktifkan lampu isyarat (lampu sein).

Tujuannya, agar kendaraan yang ada di depan maupun belakang akan mengerti jika anda akan melakukan perpindahan jalur.

Jarak Pandang Yang Luas

Pastikan pula jarak pandangan anda sudah cukup luas. Sudut pandang jangan hanya terpacu pada bagian depan, melainkan juga dapat melihat beberapa titik blindspot kendaraan anda.

Tenang Dan Fokus

Selanjutnya untuk tetap tenang dan konsentrasi pada saat mengemudi. Fokuskan pada kondisi jalan raya, hindari pula aktivitas lain pada saat mengemudi, baik itu makan, minum, bermain ponsel, merokok dan lainnya yang bisa mengganggu konsentrasi anda pada saat mengemudi.

Bawa Teman Atau Orang Yang Ahli Berada Disamping

Untuk pertama kali belajar mengemudi mobil, harus ada orang yang mendampingi dan harus yang mengerti masalah teknik dalam berkendara. Atau lakukan kursus mengemudi, agar bertambahnya keterampilan saat berkendara dijalan raya.

Dengan adanya teman atau orang yang ahli di samping pada saat belajar mengemudi, anda akan mendapatkan bantuan yang memberikan informasi disekitar mobil.

Nah, itulah sepuluh hal yang harus dilakukan pada saat anda pertama kali mengemudi. Dan jangan lewatkan Berita Otomotif Terkini lainnya hanya di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here