Rem Mobil Blong, Apa Yang Harus Dilakukan
Rem Mobil Blong, Apa Yang Harus Dilakukan

Berita Pekanbaru Terkini  – Rem merupakan salah satu komponen yang sangat vital untuk sebuah kendaraan baik itu sepeda motor atau bahkan mobil. Fungsi dari rem sendiri adalah untuk memperlambat hingga menghentikan lajunya sebuah kendaraan.

Tetapi rem juga dapat mengalami masalah, seperti salah satunya adalah rem yang tak dapat berfungsi sama sekali atau lebih dikenalnya dengan sebutan rem blong.

Sebelum terjadinya rem blong  sebaiknya wajib dilakukan berbagai macam perawatan terhadap kendaraan  terlebih pada bagian tersebut.

Apa sajakah yang harus diperhatikan? Diantaranya adalah oli rem. Salah satu penyebab yang dianggap sepele tetapi sering kali terjadi adalah berkurangnya oli rem atau bahkan hingga habis. Apabila oli rem habis, hal yang harus dilakukan ialah menambah kembali oli sesuai dengan anjuran.

Baca Juga : Tips Pasang Roof Box di Mobil Supaya Tak Kena Tilang

Penyebab lainnya juga bisa dikarenakan oleh kanvas rem. Umumnya jika bagian kanvas rem yang telah aus akan menimbulkan suara berdecit, yang mengakibatkan tidak pakemnya pada sistem pengereman.

Adapun kemungkinan lain pada seal piston master silinder. Terjadinya kerusakan pada bagian seal piston master silinder yang rusak dikarenakan kualitas dari oli rem yang dipakai tak sesuai. Hal lainya juga bisa dikarenakan Vapour Lock, dikarenakan menguapnya minyak rem yang diakibatkan oleh panasnya pada bagian mesin mobil.

Tak hanya itu saja, masalah lainnya pada rem mobil umumnya dikarenakan terjadi kerusakan pada bagian piston rem, terjadinya kebocoran atau mampet pada selang oli rem.

Cara menangani apabila terjadinya rem blong pada mobil yaitu :

Mobil Dengan Transmisi Manual

Cara pertama yang harus dilakukan oleh para pengemudi mobil apabila terjadinya rem blong yaitu tetap dalam keadaan tenang dan jangan panik. Walaupun hal tersebut sulit, tetapi cara tersebut dapat membuat anda menjadi mudah dalam berfikir untuk dapat melakukan apa yang harus dilakukan berikutnya.

Hal berikutnya adalah untuk segera menyalakan lampu hazard. Hal tersebut pula dikarenakan lampu tersebut yang akan menjadi sinyal untuk pengendara lainnya bahwasanya mobil yang anda kendarai sedang mengalami masalah.

Yang harus dilakukan setelahnya adalah dengan menurunkan transmisi atau engin brake. Seperti dengan menginjakkan pedal kopling yang kemudian lakukan perpindahan tuas transmisi dari semula berada di gigi empat menuju ke posisi gigi tiga dan lakukan hal tersebut pula hingga posisi pindah ke bagian gigi dua lalu ke gigi satu.

Mobil Dengan Transmisi Matik

Biasanya, jika mobil dengan transmisi matik mengalami rem blong dan cara yang harus dilakukan pun tak jauh berbeda dengan mobil bertransmisi manual.

Tetapi pada mobil dengan transmisi matik yang menjadikannya berbeda ialah cara perpindahan pada bagian tuas transmisinya. Apabila tuas transmisi awalnya berada pada posisi D, berikutnya lakukan perpindahan ke gigi rendahnya, yaitu tuas transmisi pada huruf S (1-2) atau juga L.

Berikutnya tarik handlebreak dengan perlahan, sehingga mobil tak akan terpelanting.

Apabila terjadi rem blong baik itu dialami pada mobil dengan transmisi matik ataupun manual, jangan pernah mencoba untuk menarik tuas rem tangan dengan tiba-tiba. Mengapa demikian? Karena kecepatan dari mobil tersebut, jika tuas rem ditarik secara mendadak maka mobil bisa terpelanting.

Jadi, penarikan tuas rem tangan seharusnya dilakukan dengan perlahan. Karena yang kita harapkan agar laju dari kendaraan menjadi lebih lambat yang membuatnya menjadi lebih mudah untuk dikendalikan.

Dan jika kondisi jalanan dalam keadaan sepi, sebaiknya pilihlah jalur sebelah kiri atau yang terlihat kosong. Dan jika dirasa memang tak ada pilihan lain, tabrakan bagian samping mobil ke pembatas atau pun gundukan dengan tujuan agar laju dari kendaraan dapat berkurang.

Itulah penjelasan singkat tentang penyebab dan cara mengatasi rem mobil yang blong. Agar rem blong pada mobil tidak terjadi, sebaiknya lakukan servis secara rutin. Untuk informasi Berita Otomotif Terkini silahkan mengunjungi laman Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here