industry container trains running on railways track against beautiful sun set sky use for land transport and logistic business

Jika kamu bepergian dengan naik kereta api adalah suatu hal yang sangat menyenangkan yang dapat dilakukan di akhir pekan ataupun saat momen liburan kamu.Naik kereta api dapat menempuh perjalanan dari satu kota ke kota lainnya dengan rasa nyaman patinya. Selain itu kamu dapat terbebas dari kemacetan lalu lintas yang sering terjadi dan bisa melihat panorama yang sangat menarik.

Dalam pendemi saat ini ingin bepergian dengan naik kereta api tidaklah sama dengan bepergian disaat keadaan new normal. Karena untuk sekarang terdapat aturan yang harus kita patuhi dalam bepergian dengan kereta api.

Tentu terlebih dahulu kita harus mempersiapkan segala persyaratannya, apalagi kalau kita mau bepergian jarak jauh. Ada beberapa syarat yang harus di patuhi yaitu:

1. Melampirkan surat keterangan bebas Covid-19 dari hasil tes rapit antigen maksimal H-1 sebelum keberangkatan.

Kita wajib menunjukan hasil tes negatif COVID-19 dari PCR maksimal 3×24 jam atau rapit
antigen maksimal 1×24 jam sebelum berangkat. Petugas pasti akan memeriksa ketentuan dokumen tersebut ketika kamu sampai di stasiun jelang keberangkatan.

Dalam memudahkan bagi penumpang PT. KAI menyiapkan layanan tes rapid antigen atau PCR disejumlah stasiun diseluruh Indonesia dengsn harga terjangkau khusus buat kamu yang telah memiliki kode booking tiket kereta api.

2. Anak berumur dibawah 12 tahun diperbolehkan naik kereta api.

Anak-anak yang berusia dibawah 12 tahun telah diperbolehkan naik kereta api kembali mulai tanggal 21 oktober 2021, asalkan sudah memiliki hasil tes COVID-19 sesuai dengan peraturan yang berlaku serta harus didampingi oleh orang tua.

3. Penumpang kereta api harus menunjukan sertifikat atau kartu vaksin minimal dosis 1

Untuk bisa berangkat naik kereta api penumpang wajib menunjukan sertifikat atau kartu vaksin minimal dosis 1. Penumpang kereta api juga harus dalam kondisi yang sehat, selain itu bagi penumpang dengan kondisi kesehatan khusus atau kata lainnya komorbid yang dapat menyebabkan tidak bisa menerima vaksin bisa melampirkan surat dari rumah sakit pemerintah yang menyatakan bersangkutan tidak dapat mengikuti vaksinasi COVID-19.

Baca juga : Tips Memotret Hasil yang Wow Hanya Modal HP Aja! 

4. Penumpang harus sehat

Saat akan berangkat penumpang kereta api harus dalam keadaan sehat, tidak dalam sakit seperti dalam keadaan batu, demam, dan flu. Selain itu suhu tubuh akan dicek oleh petugas tidak boleh melebihi 37,3 derajat celcius.

5. Wajib memakai masker serta face shield

Penumpang kereta api harus memakai masker medis atau masker kain tiga lapis yang menutupi mulut dan mulut, selain itu juga menggunakan face shield selama berada di area stasiun keberangkatan maupun kedatangan serta selama berada dalam perjalanan kereta api. 6. Memakai jaket atau pakaian yang berlengan panjang Para penumpang kereta api diharapkan harus memakai pakaian pelindung seperti jaket atau baju berlengan panjang.

7. Tidak berbicara dua arah ataupun satu arah selama perjalanan

Para penumpang kereta api tidak diperbolehkan untuk berbicara dua arah ataupun satu arah dengan penumpang lainnya maupun melalui telpon.

8. Datang ke stasiun lebih awal sebelum keberangkatan.

Dimasa pendemi saat ini penumpang kereta api diwajibkan datang lebih awal ke stasiun setidaknya lebih cepat 60-120 menit sebelum jadwal keberangkatan. Hal ini perlu dilakukan sebab petugas akan melakukan verifikasi terlebih dahulu semua syarat dan ketentuan perjalanan yang berlaku sebelum boarding.

Kamu juga harus mengikuti protokol kesehatan di manapun berada. Gunakanlah selalu masker dan jagalah jarak dengan orang lain, selain itu bersihkan tangan dengan hans sanitizer ataupun mencuci tangan dengan sabun di air mengalir.

9. Dilarang minum dan makan didalam kereta api selama perjalanan kurang dari dua jam

Penumpang kereta api tidak diperbolehkan minum dan makan selama perjalanan jam, terkecuali untuk penumpang yang harus mengkosumsi obat-obatan tertentu dalam masa pengobatan.

itulah beberapa ketentuan yang harus kamu ketahui untuk naik kereta api, jika kamu tidak dapat memenuhi persyaratan tersebut maka dipastikan kamu akan ditolak dalam keberangkatan. Jika hal ini sampai terjadi maka kamu bisa membatalkan tiket dilokasi stasiun, tiket kamu akan dikembalikan 100 persen diluar dari biaya pemesanan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here