Tips Pasang Roof Box di Mobil Supaya Tak Kena Tilang
Tips Pasang Roof Box di Mobil Supaya Tak Kena Tilang

Dangmerdu – Pengaplikasian kompartemen penyimpanan tambahan atau roof box yang berlokasi dibagian atas sebuah mobil baru-baru ini menjadi sebuah tren. Tak sedikit yang menggunakan roof box dengan tujuan untuk membawa barang dan ada pula yang sengaja memasang roof box hanya untuk sekedar mempercantik tampilan dari sebuah mobil miliknya.

Belakangan ini pula Bapak Budiyanto selaku Pemerhati Masalah Transportasi dan Hukum yang juga merupakan Mantan dari Kasubdit Penegakan Hukum (Gakkum) Ditlantas Polda Metro Jaya, telah memberikan sebuah pandangan terhadap pengaplikasian dari roof box yang menurutnya pengaplikasian tersebut menyalahi syarat teknis dan juga laik jalan.

Budiyanto pun memberikan keterangan bahwa setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan dijalan itu harus dapat memenuhi persyaratan teknis dan juga laik jalan. roof box yang disematkan pada kendaraan atau mobil itu merupakan suatu pelanggaran berlalu lintas yang sebenarnya dapat dikenai sanksi tilang.

Baca Juga : Apakah Honda ST125 Dax Akan Hadir Tahun Ini?

Budiyanto pun menabahkan, jika penggunaan roof box itu menyebabkan bobot dari sebuah kendaraan pastinya akan menjadi lebih berat dari bobot aslinya yang merupakan suatu pelanggaran dalam berlalu lintas. Dengan disematkannya roof box itu disebutkan bahwasanya menyalahi Undang-Undang Nomor 22  Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan (UULLAJ) yang disebutkan pada pasal 50 ayat 1 tersebut menjelaskan jika kendaraan yang sudah dilakukan modifikasi itu harus melakukan uji tipe.

Yang artinya, dengan menambahkan roof box dibagian atas sebuah mobil itu merupakan pelanggaran rancangan teknis dari sebuah kendaraan yang sesuai dengan peruntukannya sehingga akan dapat mempengaruhi kesesuaian daya mesin penggerak kepada jalan.

Seperti kata Budiyanto lebih lanjut, yang mana dengan tidak langsung bahwa penyematan roof box pada sebuah mobil dapat dikenakan sanksi seperti yang tertulis pada pasal 285 ayat 2 UU LLAJ pelanggar dapat dipenjara paling lama itu 2 bulan atau dikenakan denda paling banyak sebesar Rp. 500 ribu. Lalu, bagaimana pula pandangan polisi akan hal tersebut.

Tidak Akan Ditilang Selama Mematuhi

Kompol Agra Dija Putra selaku Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya menjelaskan pula terkait pemasangan atau penyematan dari roof box pada sebuah mobil tak akan kena sanksi tilang selama tidak melanggar aturan dari ketinggian serta berat dari sebuah kendaraan tersebut.

Terkait penyematan roof box pada sebuah kendaraan umum (mobil), selama itu masih dalam batasan yang normal atau wajar (berdasarkan ukuran serta beratnya) masih diperbolehkan. Dan tak akan terkena tilang oleh pihak kepolisian.

Tetapi, perlu diketahu pula jika penggunaan roof box itu pula dapat dikenakan sanksi tilang apabila mengangkut beban yang berlebih dengan tinggi yang tak wajar. Seperti penyematan roof box dengan ukuran yang terbilang tinggi serta memiliki potensi menabrak tiang pembatas tinggi pada pintu masuk tol.

Untuk para pemilik kendaraan perlu kiranya untuk memastikan lagi pemasangan dari roof box dalam keadaan yang benar-benar aman serta kuat. Yang mana hal tersebut untuk dapat menghindari terjadinya malfungsi yang sewaktu-waktu dapat menyebabkan kecelakaan ketika berada dijalan. Dan sebaiknya pula sebelum anda memutuskan untuk melakukan pemasangan komponen tersebut sebaiknya untuk melakukan pengukuran terlebih dahulu tinggi mobil kesayangan anda sebelum dan juga sesudahnya diaplikasikan roof box tersebut. Kemudian perhatikan pula proses pemasangannya, sangat disarankan untuk memilih spesialis roof box yang memang benar-benar sudah ahli dalam bidang tersebut.

Untuk informasi Berita Otomotif Terbaru lainnya silahkan kunjungi laman Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here