Berita Pekanbaru Terlengkap – Dalam suasana yang sangat hangat dan penuh kekeluargaan, Menko Kemaritiman dan Investasi (Marvest) Luhut Binsar Panjaitan (LBP) menerima langsung Gubernur Riau (Gubri) H. Syamsuar bertempat ruang kerjanya, Kantor Kemenko Marvest, di kawasan Thamrin, Jakarta, pada Jum’at sore (7/1/22).

Gubri tidak datang sendirian. Ia juga didampingi oleh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau SF Hariyanto. Sementara itu LBP didampingi langsung oleh sejumlah pejabat. Termasuk dari Staf Khusus BSSN yang juga berasal dari Riau Supirman.

Pembicaraan pun begitu mengalir. Tentu saja saat itu membahas berbagai rencana dalam pembangunan di Negeri Melayu Lancang Kuning ini. Gubri Syamsuar juga menyampaikan beberapa hal mulai dari pembangunan Food Estate (lumbung pangan). Hilirisasi sawit dan kelapa. Termasuk juga dari replanting sawit, kelapa dan juga karet.

“Hal-hal ini juga sudah kami sampaikan dan usulkan langsung ke Kementan,” ungkap Gubri, seraya dengan menyebut bahwa Riau saat ini menyiapkan puluhan ribu hektar kawasan untuk Food Estate, yang sudah tersebar di beberapa kabupaten dan kota.

Pengembangan dari industri hilir sawit dan kelapa, sebut Gubri, saat itu juga menjanjikan nilai ekonomi yang tidak sedikit nilainya. “Dalam hal ini, kami juga tentu turut berharap dukungan ini datang dari Pemerintah Pusat,” harap Gubri lagi.

Khusus bagi program replanting, Gubri berharap Provinsi Riau akan jadi prioritas. Karena ada ribuan hektar sawit, kelapa dan karet di Riau yang sudah waktunya untuk diremajakan.

Baca juga: 2 Tahun Kosong Melakukan Kegiatan, PWNU Riau Meminta PBNU Untuk Tunjuk Karateker

Pembicaraan ini terus berlanjut. Gubri juga saat itu menyinggung soal pengembangan dari kawasan mangrove yang sekarang dipadukan dengan budi daya kepiting, lobster, udang dan lainnya. Terutama itu berasal dari Kabupaten Inhil.

“Di Inhil ini kawasan mangrovenya sangat luas. Ini merupakan potensi ekonomi yang sangat luar biasa,” tegasnya.

Bahkan, saat itu juga dibahas soal rencana dalam pembangunan jalan dan antisipasi banjir yang berada di kawasan Kota Dumai.

Menko Marvest LBP yang memang pernah lama tinggal di Riau saat itu tentulah tidak merasa asing lagi. Ia sangat paham sekali dengan kondisi Riau, mulai dari segala kekayaan SDA-nya. LBP langsung merespon dan satu per satu menteri terkait ia langsung telepon agar dapat mengakomodir dari berbagai rencana dalam pembangunan yang ada di Riau tersebut.

LBP bahkan sudah memastikan ia akan segera melakukan kunjungan kerja (kunker) langsung ke Riau, dengan didampingi langsung beberapa menteri yang terkait. Seperti Mentan, Menteri PUPR dan juga Menteri KKP.

LBP juga menyebutkan bahwa dengan berbagai rencana dalam pembangunan yang ada di Riau ini mendapat dukungan langsung dari Presiden RI Joko Widodo.

Simak juga berita lainnya, seputar topik artikel daerah Pekanbaru Riau di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here