Dang MerduPelaku UMKM saat ini yang berada di Kota Pekanbaru dihimbau agar segera mendaftarkan diri sebagai penerima Bantuan Bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM). Dinas Koperasi (Diskop) UKM meminta pelaku UMKM agar segera melengkapi syarat yang sudah ditentukan.

BPUM ini sendiri diberikan yakni berdasarkan surat keputusan dari Kementerian Koperasi UKM Republik Indonesia dengan Nomor 256/Dep.2/IV/2021 pada tanggal 06 April 2021 perihal ini merupakan penyaluran program BPUM tahun 2021.

Isinya ialah data dari tahun 2020 yang sudah diproses untuk dapat menerima dana BPUM pada tahun 2021 adalah data yang sudah didapat dari dinas yang terdiri dari Data yang sudah diusulkan yang belum mendapatkan dana BPUM pada tahun 2020.

Kemudian data usulan yang sudah ditetapkan pada tahun 2020 tetapi tidak juga cair, serta data penerima pada tahun 2020. Data ini sebagaimana dimaksud yaitu pada poin terakhir adalah yang tidak lolos dalam proses validasi, dapat diusulkan kembali yakni dengan mengacu pada Peraturan Menteri Koperasi dan UKM Nomor 2 Tahun 2021 dan dalam petunjuk pelaksanaannya BPUM Nomor 3 tahun 2021 yang sudah dikeluarkan oleh Deputi Bidang Usaha Mikro Kementrian Koperasi dan UKM.

Baca juga: Microsoft merilis perbaikan bug Y2K22 yang mempengaruhi server Microsoft Exchange

Berdasarkan dari surat tersebut Kepala Dinas Koperasi UKM Kota Pekanbaru Dr. H. Idrus, S.Ag., M.Ag. melalui Kepala Bidang Fasilitasi Pengawasan dan Pengembangan Kapasitas Ibu Nailis Sa’adah, SE dan juga beserta Tim Pokja dalam hal ini telah melakukan dalam pendataan dan penerimaan berkas terhadap Pelaku UMKM yang berada di Kota Pekanbaru.

Syaratnya yaitu seperti fotocopy kartu keluarga, fotocopy kartu tanda penduduk pelaku usaha, fotocopy Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU) / Nomor Induk Berusaha (NIB), nomor Handphone yang masih Aktif masing-masing 1 rangkap.

“Pelaku UMKM juga dapat menyerahkan berkas tersebut ke Dinas Koperasi UKM yang ada di Kota Pekanbaru lantai 2 Jalan Teratai Nomor 83, Kelurahan Pulau Karomah, Kecamatan Sukajadi,” ujar langsung Kepala Dinas Koperasi UKM Kota Pekanbaru, Dr. H .Idrus, S.Ag., M.Ag, pada Rabu (7/4).

Ia juga kembali menghimbau kepada semua pelaku UMKM khususnya yang berada di Kota Pekanbaru agar dapat disegerakan dalam mendaftarkan usahanya.

“Kepada pelaku UMKM ini agar sesegera mungkin dapat mendaftarkan usahanya yakni sebagai syarat bagi calon penerima BPUM yaitu dengan syarat yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah dan dapat diserahkan langsung ke Dinas Koperasi, UKM Kota Pekanbaru dengan selalu menjaga Protokol Kesehatan,” ujar Idrus.

Simak juga berita lainnya, seputar topik artikel daerah Pekanbaru Riau di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here