7 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Ketika Hendak Membeli Mobil
7 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Ketika Hendak Membeli Mobil

Dangmerdu – Membeli sebuah mobil memang sangat menyenangkan, terlebih jika mobil yang dibeli adalah mobil dengan model terbaru atau mobil dengan jenis yang sudah lama di impi-impikan.

Perlu diketahui pula jika sebelum membeli mobil terdapat beberapa proses negosiasi yang tak singkat. Seperti mobil yang dibeli tak sesuai harapan dan calon pembeli yang khawatir tertipu oleh si penjual.

Oleh sebab itu, terdapat beberapa tips yang dapat dilakukan ketika hendak membeli mobil, seperti berikut :

Pastikan Mobil Apa Yang Akan Dibeli

Membeli mobil itu bukanlah hal yang mudah. Walaupun sudah ditentukan untuk membeli mobil apa, sering terjadi ketika ada mobil lainnya dengan beberapa informasi yang didapat sebagai pembeli pun mulai tergoda. Oleh karena itu, supaya tidak menyesal kemudian, alangkah baiknya untuk memantapkan diri untuk memutuskan mobil apa yang akan dibeli berdasarkan beberapa faktor yang ada, baik itu dari budget yang ada serta mobil apa yang diinginkan baik itu citycar, sedan, MPV, SUV atau hatchback.

Baca Juga : Bocoran Fitur Toyota Fortuner 2.8 Yang Akan Segera Hadir

Dan yang paling utama, apakah benar-benar sudah membutuhkan mobil. Dengan berbagai alasan tersebut setidaknya sudah dipersiapkan segala hal jika membeli sebuah mobil,

Melakukan Riset

Sebelum pergi ke dealer untuk membeli mobil, alangkah baiknya jika melakukan riset sebelumnya. Sekarang untuk melakukan riset jauh lebih mudah, seperti cukup melihatnya di internet.

Mengapa harus dilakukan riset, karena akan diketahui beberapa informasi terkait mobil yang hendak dibeli, baik itu jenis mobil, spesifikasi lengkap, daftar harga dan juga kekurangan serta keunggulan dari mobil yang ingin dibeli.

Dengan informasi tersebut setidaknya menjadi bekal untuk dapat memilih mobil yang sesuai dengan keinginan.

Kontrol Emosi

Adapun yang mengatakan jika membeli mobil itu merupakan pengalaman emosional yang tak akan terlupakan.

Sebab, pada saat membeli mobil pembeli akan dihadapkan dengan berbagai pilihan yang sangat menggoda hati. Terlebih lagi sales yang pandai dalam mengendalikan emosi konsumen dengan menawarkan mobil yang bukan menjadi target utama dan harganya pun diatas dari yang dipersiapkan sebelumnya.

Dengan mengontrol emosi, agar keputusan yang diambil tak tergesa-gesa. Dan membeli mobil dengan perasaan senang bukan karena emosi.

Mulai Melakukan Perhitungan

Jangan lakukan negosiasi tanpa dilakukannya perhitungan sebelumnya terkait finansial. Seperti hendak membeli mobil dengan cara tunai, kredit atau apapun itu perusahaan pembiayaannya.

Apabila hendak melakukan kredit, pastikan pula tak memiliki reputasi yang buruk pada lembaga ataupun perusahaan pembiayaan. Seperti kredit macet yang belum terselesaikan.

Dan jika hendak membeli dengan cara mencicil, yang menjadi fokus utamanya bukan hanya harganya saja, tetapi biaya bulanannya pun harus sesuai dengan harga yang sudah disepakati agar tidak lebih mahal dengan yang tertera pada brosur.

Kemudian jangan tergoda dengan cicilan ringan dengan jangka waktu tenor hingga 6 sampai dengan 8 tahun. Mungkin saja harga mobil akan jauh lebih mahal, dikarenakan bunga yang ada.

Oleh karena itu, lakukan perhitungan dengan tepat dan sesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Waktu Yang Tepat

Agar mendapatkan bonus yang besar, biasanya beberapa dealer mobil beserta salesnya harus dapat mencapai target bulanan atau target akhir tahun.

Oleh sebab itu, sebagai pembeli harus melakukan strategi pembelian baik itu akhir bulan atau pun akhir tahun sehingga mendapat tawaran harga yang baik bagi pembeli.

Cara terbaiknya untuk dapat meluluhkan sales dengan bersikap profesional dan sopan, baik serta saling menghormati. Dan jangan selalu merasa jika pembeli itu adalah raja, sehingga pembeli tak terlalu merendahkan siapapun dengan perlakuan yang sedikit kasar.

Melakukan Penawaran

Berbeda ketika membeli mobil baru dengan mobil bekas, yang dapat dilakukan penawaran serendah mungkin.

Jika membeli mobil baru penawaran yang didapat berupa bonus, baik itu potongan harga, asuransi, tambahan aksesoris hingga beberapa hal lainnya.

Apabila dealer tak memberika promo, tetapi berbagai penawaran lainnya sebaiknya untuk tidak mudah tergiur.

Berani Bilang Tidak

Apabila anda melakukan penawaran di dealer dan tak dikabulkan oleh salesnya, anda pun bisa langsung meninggalkannya ketempat yang lain.

Begitupun jika dirasa kurang sreg, jangan merasa tak enak sehingga dengan mudah menerima kesepakatan yang ada karena takut malu. Terlebih jika sudah melakukan sebuah negosiasi yang cukup panjang.

Dan untuk menolaknya tak perlu harus marah-marah dengan meluapkan emosi. Alangkah baiknya jika dirasa kurang puas untuk mempersilahkan sales mencari solusi agar mendapatkan kesepakatan yang diinginkan.

Untuk informasi Berita Otomotif Terbaru lainnya silahkan kunjungi laman Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here