TOPSHOT - Muslim pilgrims perform the final walk around the Kaaba (Tawaf al-Wadaa), Islam's holiest shrine, at the Grand Mosque in Saudi Arabia's holy city of Mecca on August 13, 2019. - Muslims from across the world gather in Mecca in Saudi Arabia for the annual six-day pilgrimage, one of the five pillars of Islam, an act all Muslims must perform at least once in their lifetime if they have the means to travel to Saudi Arabia. (Photo by Abdel Ghani BASHIR / AFP) (Photo by ABDEL GHANI BASHIR/AFP via Getty Images)

Dang Merdu – Hari ini sebanyak 500 jemaah Umrah resmi diberangkatkan ke tanah suci Makkah. Sejak pandemic melanda bumi ini, terkhusus untuk kita rakyat Indonesia tidak pernah lagi mendapatkan izin untuk bisa melakukan Haji maupun Umrah ke tanah suci Makkah.

 

Begitulah kebijakan yang diambil oleh pemerintahan Arab Saudi dan pejabat kota Makkah dalam mengatasi penyebaran virus Covid-19 yang sangat mengancam nyawa orang banyak. Hal yang dilakukan oleh Pemerintahaan Arab Saudi ini sudah sejalan juga dengan apa yang sudah dihimbau dari Badan Kesehatan Dunia PBB (WHO).

 

Bahkan diawal tahun maraknya pandemi melanda Bumi ini, Pemerintahaan Arab Saudi resmi memberhentikan kegiatan Umrah sepanjang tahun 2020. “Kami menghentikan sementara ibadah umrah untuk penduduk dan pemukim di kerajaan,” demikian isi pernyataan Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi pada masa itu.

 

Jika dihitung jumlahnya sejak awal pandemi ada sebanyak 59.000 jemaah yang harus tertunda keberangkatannya ke tanah suci Makkah. Saat ini 500 jemaah umrah yang akan diberangkatkan ke tanah suci Makkah ini sedang berada di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, sebelum nanti berangkat ke Bandara Soekarno-Hatta.

 

Badan Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Indonesia yang juga Mantan Guru Besar Universitas Muhamadiyah Yogyakarta (UMY) Prof Hilman Latief berharap 500 jemaah umrah ini bisa menjadi duta bangsa di tanah suci Makkah nanti. Tujuannya agar kita bisa mendapatkan kuota untuk Haji di tahun ini.

 

Dari 500 jemaah umrah ini nantinya akan diberangkatkan dengan menggunakan dua buah pesawat yang masing-masing berisi untuk pesawat pertama menggunakan Lion Air regular dengan jumlah 420 jemaah dan sisanya nanti akan diberangkatkan menggunakan pesawat Qatar Airways.

 

Baca juga : Microsoft merilis perbaikan bug Y2K22 yang mempengaruhi server Microsoft Exchange

 

Nur Arifin selaku Direktur Utama Bina Haji Umrah Khusus Kementerian Agama ini menyampaikan bahwa masih sangat banyak masyarakat Indonesia yang memiliki keinginan tinggi untuk bisa berangkat Umrah.

 

Skenario mulai dari keberangkatan hingga pulangnya nanti para Jemaah umrah ini sudah disusun dengan sangat matang. Langkah – Langkah yang akan dilakukan adalah :

  1. Dimulai dari screening Kesehatan 1 x 24 jam sebelum keberangkatan secara terpusat di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta
  2. Jamaah minimal usia 18 dan maksimal 65 tahun
  3. Sudah mendapatkan dosis lengkap vaksinasi
  4. Memiliki hasil tes PCR negative
  5. Lalu visa dan dokumen jamaah akan dilaporkan kepada Kementerian Agama
  6. Kemudian setibanya di Arab Saudi para jamaah akan melakukan karantina wajib selama tiga hari dan dilarang untuk keluar dari hotel
  7. Makanan jamaah akan disajikan dalam kemasan, agar tidak terjadi kontak langsung dengan makanan yang disajikan
  8. Untuk transportasi di sana para jamaah umrah Indonesia akan mengikuti aturan yang telah dibuat oleh pihak Arab Saudi

 

Saat berada di sana jamaah dibebaskan untuk melaksanakan shalat 5 waktu baik di Masjid Nabawi maupun di Masjidil Haram Makkah. Namun tetap dengan menjaga protocol Kesehatan. Jika di Indonesia kita menggunakan aplikasi Peduli Lindungi maka disana para jamaah umrah Indonesia akan menggunakan aplikasi Eatmarna dalam beraktifitas.

 

Sebelum menuju tanah air para jamaah nantinya juga wajib melakukan tes PCR terlebih dahulu dan hanya yang hasilnya negatif saja yang bisa balik Kembali lagi ke Indonesia. Setibanya nanti di Indonesia para jamaah ini juga wajib melakukan karantina Kembali di hotel yang telah ditentukan pihak terkait. Tujuannya agar tetap terjaga dari serangan virus Corona ini.

 

Baca juga informasi Nasional Terbaru Lainnya di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here